Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang resmi mendapat ISO 9001:2008

Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang resmi mendapat ISO 9001:2008. Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Rudi Wijaya, branch manager Badan Sertifikasi European Quality Assurance (EQA), dan diterima oleh Rektor ITN Malang Dr Ir Lalu Mulyadi MT di gedung serbaguna Kimia Kampus I ITN Malang, Sabtu lalu (16/7). Seluruh civitas academica ITN Malang boleh berlega hati, pasalnya kampus biru itu telah lolos dalam hal sistem manajemen mutu yang berstandar internasional.

Rudi Wijaya menjelaskan, dengan sertifikat ISO (International Standard Organization) akan lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada ITN Malang. Sertifikat ISO juga sebagai batu loncatan untuk lebih baik lagi, tentunya dalam hal peningkatan kualitas serta standar mutu. ”Proses sertifikasi sudah selesai, tapi sistem harus terus berjalan. Ke depannya tiap tahun akan dilakukan evaluasi lebih lanjut. Semoga ke depannya standar mutu ITN akan lebih baik lagi,” tuturnya.

ITN Malang sudah dikenal masyarakat dengan mutu pendidikan yang sangat baik, ini sudah terbukti dengan diperolehnya akreditasi B. Hanya ada beberapa perguruan tinggi saja yang mendapat akreditasi B, dan masih banyak yang mendapat akreditasi C.

Dengan adanya persaingan yang ketat dalam dunia pendidikan, maka ITN Malang perlu melakukan terobosan baru yaitu melalui ISO. ”Dengan sertifikat ISO ini, kami (ITN Malang) harus lebih berhati-hati. Hati-hati dalam mempertahankan sistem manajemen mutu, bahkan harus ditingkatkan ke depannya,” pesan Lalu.

Pria berkacamata ini juga berpesan bahwa kebaikan-kebaikan ITN harus disampaikan kepada masyarakat, bukan keburukannya. ITN Malang tidak boleh kalah dengan perguruan tinggi lainnya. Sistem manajemen mutu harus dipertahankan, baik oleh internal maupun eksternalnya.