ITN Malang menuju world class university

Tekad Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang untuk menjadi world class university berjalan perlahan namun pasti. Kepastian tersebut setelah kampus biru ini masuk dalam daftar acara 8th University President Forum (UPF) atau forum rektor dunia di Universitas Teknologi Malaysia. Dalam acara yang berlangsung antara 8 hingga 10 Agustus tersebut, dihadiri oleh 128 delegasi dan 35 rektor dari 61 universitas di 19 negara.

Beberapa universitas yang hadir di antaranya Kyoto University Jepang, Seoul National Univesity of Science and Technology Korea, Mahasarakham University Thailand, dan dari beberapa negara lainnya. ”Kalau dari Malang, yang hadir ITN Malang dan Universitas Negeri Malang (UM),” terang Dr Ir Lalu Mulyadi MT, rektor ITN yang menghadiri acara dengan ditemani oleh Dr Eng Ir I Made Wartana MT, wakil rektor III ITN Malang.

Menurut Lalu, masuknya kampus tersebut menjadi suatu kebanggaan atau langkah positif bagi kemajuan ITN Malang. Pasalnya, untuk menjadi world class university tidak bisa hanya bergerak di tingkatan lokal, melainkan harus bergaul di kawasan global. ”Apalagi tidak semua universitas diundang ke acara tahunan ini. Untuk bisa masuk, harus memiliki kualifikasi tertentu,” imbuhnya.

Sementara I Made Wartana menjelaskan beberapa kegiatan yang dilakukan selama forum berlangsung. Di antaranya diskusi tentang bagaimana membangun kampus yang dapat masuk dalam ranking dunia, kemudian mendengarkan beberapa presentasi dari rektor beberapa kampus besar dunia. ”Dari presentasi itu, kami dapat belajar banyak hal tentang bagaimana mengelola kampus dengan baik. Dan itu dapat kita adopsi untuk diterapkan di ITN Malang,” terangnya.