Civil Social Care : Sembilan Delegasi Mahasiswa Teknik Sipil ITN Malang Bantu Perbaiki Gedung Sekolah

Kondisi gedung yang sudah tua, atap di sana sini mulai bocor, dinding retak di beberapa tempat, pintu dan jendela yang perlu diperbaiki. Belum lagi saat musim hujan tiba, beberapa pondasi gedung yang terlalu rendah sehingga air bisa merembes ke dalam lantai gedung sehingga membuat kelas tergenang. Itulah kondisi SDN Curahtakir 03 Tempurejo Jember tempat dilaksanakannya “Civil Social Care V” Forum Komunikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) Regional IX Jawa Timur, Minggu (5/3).

Sembilan delegasi mahasiswa Teknik Sipil ITN Malang turut ambil bagian dalam kegiatan Civil Social Care (CSC). Mengusung tema ”Wujud Bakti Teknik Sipil Terhadap Pendidikan dan Lingkungan dengan Keterpaduan FKMTSI Regional IX Jawa Timur”, kegiatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar. “Tahun ini merupakan CSC kali kelima. Sebelum-sebelumnya kita adakan baksos, untuk kali ini fokus ke pendidikan,” terang Mohammad Wahid Koordinator FKMTSI ITN Malang.

Saling bahu membahu mahasiswa dan masyarakat sekitar bergotong royong membenahi atap yang bocor, perbaikan jendela, pengecatan dinding, membuat saluran selokan dan pengadaan sumber arus listrik. Maklum di daerah tersebut aliran listrik belum masuk. Sumber air bersih pun menjadi permasalahan warga sekolah. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan CSC diharapkan mampu mengurangi permasalahan yang ada demi lancarnya kegiatan belajar mengajar SD Negeri Curahtakir 03.

Selain tenaga CSC juga menyumbang barang kebutuhan perbaikan gedung dan sejumlah uang. “Karena terbatasnya waktu dan kami harus kembali ke kampus masing-masing maka perbaikan sekolah dilanjutkan oleh warga sekitar,” imbuhnya. (sar)