DPD-RI-emilia-contessa-memilih-ITN-Malang

Emilia, sapaan akrabnya, berada di Komite III DPD RI yang menangani bagian kerjasama, kesehatan, sosial, agama, olahraga, pariwisata, dan pendidikan. Karena itu, dalam rangka persiapan legislasi nasional dirinya perlu turun ke wilayah untuk mendengarkan hal-hal penting berkaitan dengan kebutuhan masyarakat. “Kami akan sidang paripurna pada 21 Agustus, jadi segala yang saya dapati selama reses akan disampaikan di situ,” paparnya saat memberi sambutan di ruang sidang rektorat.

Kehadiran Emilia ke kampus biru dalam rangka menyerap saran-saran dibidang pengembangan riset dan teknologi yang dapat diwujudkan dalam legislasi nasional. Karena itu, dia memberikan sejumlah pertanyaan pada jajaran rektorium ITN Malang untuk dijadikan aspirasi. “Apa tantangan teknologi saat ini?, Bagaimana mengantisipasinya? Bagaimana peran akademisi seharusnya? Dan bagaimana peran Undang-Undang sejauh ini?,” tuturnya perempuan yang pernah bergelar “singa panggung Asia”.

Dalam kesempatan itu, Emilia juga menjelaskan mengapa pihaknya memilih kampus ITN Malang sebagai tempat kunjungannya. Menurutnya, ITN Malang memang salah satu yang fokus dalam bidang teknologi di Jawa Timur. Selain itu kampus beralamat Jl. Sigura-Gura No. 2 itu memiliki segudang prestasi pengembangan teknologi mulai dari level nasional hingga internasional. “Jadi saya tidak salah. Saya pilih ITN Malang karena the best,” kata dia.

Selama sharing pendapat, ibunda artis kondang Denada, itu mengkritisi sejumlah program riset negara. Dimana sejauh ini penelitian masih sebatas pada dokumentasi belum diaplikasikan secara nyata di masyarakat. “Anak-anak bangsa banyak memiliki penelitian penting, tetapi tidak direalisasikan dalam bentuk industri. Ini yang akan kita bawa nanti ke paripurna,” paparnya.

Dalam acara tersebut hadir, Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT, Rektor ITN Malang, Dr. Ir. Kustamar, MT, Wakil Rektor I, Dr. Ir. Julianus Hutabarat, MSIE, Wakil Rektor II, Dr. Eng. I Made Wartana, MT, Wakil Rektor III, dan Elizabeth Catur Yulia, SH, kepala humas.(her)