Auditor-ISO-9001-2008-Minta-ITN-Malang-Siap-Konversi-Ke-Bentuk-Terbaru

Berbagai pihak Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang berhak bernafas lega pasca sertifikasi International Organization for Standardization atau ISO 9001: 2008. Pasalnya, tidak ditemukan catatan mayor dalam manajemen kampus biru, sejauh ini semua masih berjalan dengan baik dan efektif. “Setelah dua hari kami bekerja, kami hanya menemukan tiga catata minor yang perlu diperbaiki. Untuk itu kami merekomendasikan ITN Malang untuk bersiap konversi ke bentuk ISO terbatu,” terang Gugup Sunarko, salah satu auditor ISO 9001: 2008 dalam acara penutupan di kampus I, Selasa (29/8).

Pria yang akrab disapa Gugup itu menjabarkan bahwa perbaikan manajemen ITN Malang sangat pesat dibandingkan tahun sebelumnya. Jika sebelumnya mencari silabus dan perencanaan perkuliahan sulit, maka sekarang sudah rapi, teratur, dan semuanya ada. Di BAAK ada banyak kemajuan, misalnya soal penerimaan ijazah bagi mahasiswa yang sudah wisuda sudah berjalan dengan baik. Perpustakaan sudah didesain semakin bagus dan perencanaannya bagus. “Semuanya bagus, hanya ada beberapa yang perlu diperhatikan misalnya di silabus perlu disesuaikan antara tujuan dan capaiannya. Di perpustakaan perlu dipertegas lagi rencana pengadaan bukunya,” kata dia.

Rektor ITN Malang, Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT, yang turut hadir dalam acara tersebut menyatakan bersyukur performa manajemen kampus biru semakin membaik. Dia juga menyatakan bahwa pihaknya akan melakukan beberapa pembangunan khususnya di bagian depan kampus agar tampil semakin menawan. “Beberapa kampus yang saya kunjungi gerbangnya bagus-bagus semua. Nanti kita akan bangun juga di ITN Malang,” kata dia.

Sementara itu, ketua Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Ir. Daim Triwahyono, MTA mengatakan terimakasihnya kepada semua elemen yang telah berusaha keras menjalankan manajemen dengan baik. Dia berharap agar kebaikan ini terus dipertahankan. “Saya berharap bersih-bersih ruangan tidak hanya dilakukan setahun sekali,” tuturnya. (her)