Sosialisasi PKM 1

Masuk dalam peringkat 100 besar dari kurang lebih 4.600 PTN dan PTS se-Indonesia menjadikan semangat ITN Malang terus berbenah dan berinovasi. Upaya untuk menaikkan peringkat perguruan tinggi dan status akreditasi terus digenjot. Salah satunya adalah meningkatkan prestasi dosen dan mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Status ITN Malang tahun 2017 berada diurutan ke empat PTN-PTS se-Indonesia dari kelompok institut setelah ITB, IPB, dan ITS. Maka ITN selalu berupaya meningkatkan status perguruan. “Selain penelitian dan pengabdian masyarakat yang meningkat pesat, ITN juga memberikan motivasi pada dosen dan mahasiswa untuk memperbanyak PKM. Ke depannya kalau prestasi mahasiswa sudah naik maka status ITN akan meningkat lagi,” terang Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT., dalam acara Sosialisasi Peningkatan Kemampuan Program Kemahasiswaan di Kampus II, Sabtu (23/9).

 

Tingkatkan Prestasi Mahasiswa, ITN Malang Gandeng Kemenristek Dikti Gelar Sosialisasi PKM

Tingkatkan Prestasi Mahasiswa, ITN Malang Gandeng Kemenristek Dikti Gelar Sosialisasi PKM

Menurut Rektor ada empat indikator yang terus diupayakan peningkatan kualitasnya yakni, kelembagaan, sumber daya manusia, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, serta kemahasiswaan. Untuk kemahasiswaan selain diadakan sosialisasi tentang PKM juga ke depannya akan dibentuk tim reviewer internal. Harapannya seleksi internal ini akan meningkatkan kualitas dari proposal PKM.

Sebelumnya, Dr. Widyo Winarso Kasubdit Penalaran dan Kreativitas Ditbelmawa Kemenristek dan Dikti dalam sosialisasinya menyampaikan, kemampuan soft skill mahasiswa bisa dibangun lewat PKM. “Di program ini mahasiswa akan terbangun kemampuan komunikasi dan tulisan lewat pembuatan proposal dan monev. Kejujurannya juga akan terbentuk, karena di PKM tidak boleh yang namanya memalsukan tanda tangan atau administrasi,” ungkapnya.

Menuju sukses PKM menurut Widyo perlu adanya pendampingan dari dosen kepada mahasiswa, baik dalam hal penelitian, penulisan maupun administrasi. “ITN masuk 100 besar diurutan ke-70, status ini harus bisa membangkitkan semangat adik-adik mahasiswa dalam berprestasi. Berawal dari mimpi, mungkin 20 tahun lagi bahkan kurang ITN bisa menempati urutan lima besar se-Indonesia,” pungkasnya. (mer/humas)