Kuliah Tamu Teknik Geodesi ITN Malang Hadirkan Guru Besar Wako University Jepang

Teknik Geodesi ITN Malang mengadakan kuliah dengan tema “Technology of Geographic Information System and Remote Sensing for Disaster Management”. Acara digelar di aula Kampus I ITN Malang, Kamis (12/9) menghadirkan keynote speaker Prof. Dr. Bambang Rudyanto M.Sc, guru besar Wako University Jepang.

Prof Bambang Rudyanto mengungkapkan, wilayah Indonesia cukup luas dimana sebagian daerah memiliki potensi sumberdaya darat dan laut namun tidak berpenghuni dan belum terjamah. Potensi sumber daya yang melimpah perlu diolah secara maksimal. Teknologi yang bisa menganalisa secara detail potensi tersebut adalah GIS (Geographic Information System) dan remote sensing. Teknologi ini dapat menganalisa data-data bereferensi geografis atau geospatial secara detail melalui pesawat udara atau satelit sehingga manusia tidak perlu ke daerah tersebut.

Dengan teknologi GIS data yang dihasilkan akan lebih akurat, ini memudahkan pemerintah untuk mengambil keputusan dalam suatu perencanaan. “Teknologi ini juga dapat menganalisa ketimpangan ekonomi secara makro. Misalnya antara pulau Jawa dibanding pulau-pulau lainnya, apakah insfrastruktur sudah merata atau belum. Apalagi sekarang pemerintah sedang membangun insfrstruktur di luar pulau Jawa. Dari data yang dianalisa dalam bentuk peta atau foto ini nantinya bisa dilihat apakah pembangunan tersebut benar-benar diperlukan atau tidak,” paparnya. (mer/humas)