SENIATI 2018 ITN Malang Banjir Pemakalah dari Berbagai Daerah

Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri (SENIATI) 2018 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dibanjiri pemakalah dari berbagai daerah. Tercatat sebanyak 185 pemakalah yang sudah terferivikasi tidak hanya dari kalangan dosen, peneliti, dan praktisi namun juga mahasiswa. Mereka yang mendaftar berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

 

“Peserta yang mendaftar datang dari Jayapura, Palembang, Riau, Makassar, Kalimantan, Jawa, dan banyak lagi. Selain akademisi, peserta juga dari peneliti, perusahaan dan publik,” terang Dr.Ir. Nelly Budiharti, MSIE,IPM., Ketua Pelaksana saat ditemui di Kampus II ITN Malang, Sabtu (26/1).

 

Banyaknya pemakalah mahasiswa yang mendaftar mendapat apresiasi tersendiri dari Ketua Pelaksana sekaligus Kaprodi Teknik Industri S1 ini. Kurang lebih 70 pemakalah merupakan mahasiswa baik S1, S2, maupun S3. Jumlah ini menurutnya lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

 

SENIATI 2018 ITN Malang Banjir Pemakalah dari Berbagai Daerah

SENIATI 2018 ITN Malang Banjir Pemakalah dari Berbagai Daerah

Sedangkan banyaknya peserta/pemakalah dari mahasiswa menurut dosen asli Pelembang ini dikarenakan ada beberapa universitas yang mensyaratkan mahasiswa boleh ujian skripsi dengan syarat mereka mengikuti seminar nasional. “Banyaknya mahasiswa yang mendaftar membuat kami menolak puluhan makalah, karena tidak memenuhi konten dan tidak sesuai dengan yang disyaratkan,” sesalnya.

 

Nantinya tiap-tiap pemakalah akan diberi waktu untuk menyampaikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Mereka akan dikelompokkan sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Hal ini bagi mahasiswa akan menambah wawasan dan memotivasi dalam menemukan ide-ide baru. Sedangkan manfaat pada perusahaan selain untuk karir dari peserta, juga bermanfaat untuk pengembangan inovasi dalam perusahaan. (mer/humas)