HMTL Jaring Anggota Baru Lewat Debate Competition, dan Environmental Night

Debate competition, aksi bersih lingkungan, dan environmental night mewarnai kegiatan pelatihan keorganisasian mahasiswa Teknik Lingkungan, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Diikuti oleh puluhan anggota baru Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) ITN Malang kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari Jumat – Minggu (26 – 27/1). Kegiatan yang dihelat di salah satu ruang di gedung Teknik Lingkungan ini lain dari biasanya.

“Acaranya untuk tahun ini dikemas lebih variatif dan seru. Ada debate competition, game dan inagurasi,” jelas Faruk M Djafaar Ketua HMTL. Menurut mahasiswa semester 5 asal Maluku Utara ini, debate competition mengangkat lima isue masalah lingkungan di Indonesia antara lain, reklamasi pulau baru Jakarta, pembakaran hutan Riau, penebangan hutan di Kalimantan, pembangunan di daerah resapan air, dan limbah pabrik di Surabaya.

“Sistemnya kami undi. Dua kelompok membahas satu isue dan saling berhadapan,” tambahnya. Sebelumnya anggota baru HMTL digembleng dengan pelatihan keorganisasian. Mereka dikenalkan terhadap keprofesian Teknik Lingkungan, kepemimpinan dan manajemen, sejarah HMTL, materi Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia (IMTLI). “Untuk pemateri tidak hanya dari pengurus HMTL namun juga dari alumni,” kata Faruk sapaan Faruk M Djafaar.

Kepedulian terhadap kebersihan lingkungan kampus juga menjadi perhatian HMTL. Bersama-sama mereka mengadakan aksi bersih lingkungan di seputaran jurusan Teknik Lingkungan.

Di penghujung acara pelatihan ditutup dengan environmental night. Ragil Suryo Kusuma, Ketua Pelaksana mengatakan, environmental night diisi dengan lomba yel-yel, hip hop, akustik, dan pengukuhan angkatan 2017 sebagai anggota baru HMTL.

HMTL Jaring Anggota Baru Lewat Debate Competition, dan Environmental Night

HMTL Jaring Anggota Baru Lewat Debate Competition, dan Environmental Night

“Kami berharap kegiatan ini juga bisa lebih mengakrabkan sesama anggota HMTL,” terang Ragil, berharap angkatan 2017 nantinya bisa aktif berorganisasi dan aktif dalam akademik.

Sebagai informasi, ke depannya pengurus baru HMTL ITN Malang siap mengusung beberapa program kerja yaitu, Hari Bumi, seminar sampah, serta abdimas ke sekolah SD untuk mengajak siswa menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan. (mer/humas)