Donor Darah ITN Malang Menarik Perhatian Warga

Permintaan kantong darah dari pemohon terus berdatangan. Ini mengakibatkan stok darah awal tahun 2018 di Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Malang menipis. Untuk membantu PMI Kota Malang memenuhi kantong darah maka Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menggelar kegiatan donor darah, Kamis (22/2).

Aksi “Setetes Dariku untuk Kemanusiaan” di depan gedung rektorat ITN Malang ini tidak hanya menarik perhatian mahasiswa namun juga khalayak umum. Seperti yang dituturkan oleh Wahyu Siahaan saat melihat mobil unit keliling PMI Kota Malang. “Saya sedang ngopi di depan (ITN) saat mobil PMI masuk ke kampus. Wah, kebetulan pikir saya,” katanya saat ditemui seusai diambil darahnya.

Tidak hanya sekali, ternyata Wahyu sapaan akrabnya, sering mendonorkan darah setiap ada kegiatan donor darah di ITN Malang. Bahkan bapak pemilik warung di depan kampus yang tidak berkenan disebutkan namanya dan warga sekitar kampus juga ambil bagian dalam kegiatan donor darah mahasiswa.

Menurutnya kegiatan donor darah penting sekali, karena sangat membantu para pasien yang membutuhkan. Seperti pengalaman pribadinya saat orangtuanya sakit dan membutuhkan donor darah. “Saya merasakan sendiri betapa pentingnya bantuan darah buat yang sakit,” tutur Wahyu yang juga alumni Planologi ITN angkatan 95.

Donor Darah ITN Malang Menarik Perhatian Warga

Donor Darah ITN Malang Menarik Perhatian Warga

Hal ini dibenarkan oleh Nadelia Visti koordinator kegiatan. Donor darah HMS ini bertujuan membantu orang lain yang membutuhkan darah. “Kami ingin memfasilitasi pendonor untuk mendonorkan darahnya, sekaligus membantu para pasien yang membutuhkan darah,” katanya.

Untuk menambah dan mengganti asupan nutrisi pendonor seusai melakukan donor darah maka PMI Kota Malang sudah menyediakan snack dan susu, sedangkan panitia HMS menyediakan tambahan konsumsi. “Kami sudah menyiapkan bubur kacang hijau dan souvenir cantik sebagai kenang-kenangan,” tambah mahasiswi semester empat ini. (mer/humas)