ITN Malang Terapkan Pengelolaan Jurnal Open Journal System (OJS)

Peningkatan publikasi jurnal dari hasil riset merupakan salah satu upaya penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen. Begitu pula bagi Program Studi Teknik Elektro S-1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Selain publikasi melalui LPPM, Prodi Teknik Elektro S-1 juga berupaya mengembangkan pengelolaan jurnal di tingkat jurusan.

Salah satu yang sudah digunakan adalah pengelolaan jurnal dengan pemanfaatan Open Journal System (OJS) versi 3 untuk submit dan review artikel. Bahasan ini dikemukaan oleh Dr.Eng. Aryuanto Soetedjo, ST,MT., saat menyampaikan materi dalam “Workshop Penguatan Jurnal” yang diadakan oleh Program Studi Teknik Elektro S-1 bekerjasama dengan FORTEI Regional VII Jawa Timur, di Kampus II ITN Malang, Sabtu (24/2).

Aryuanto mengatakan bahwa ITN Malang sudah mempunyai portal e-jurnal dengan sistem OJS yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Sedangkan pengelolaan jurnal internal diserahkan kepada Teknik Elektro.

Ia menambahkan idealnya tiap program studi memiliki dua jurnal, untuk dosen dan umum. Sehingga pada perkembangannya tidak hanya dosen saja yang shering jurnal namun mahasiswa juga bisa shering jurnal ke universitas lain. “Kalau mahasiswa diharapkan bisa meng-online-kan hasil skripsi agar terhindar dari plagiasi,” terangnya.

Publikasi secara online melalui e-jurnal memang tidak bisa dihindarkan. Ia menerangkan sistem dalam OJS sudah lengkap, mencakup semua aspek dalam pengelolaan dan publikasi e-jurnal secara website. Namun sayangnya masih banyak program studi elektro yang belum memanfaatkan OJS secara maksimal. Ini disebabkan masih adanya kendala, misalnya penulis jurnal enggan mengirim, dan reviewer kurang mumpuni. “Kedepannya suka atau tidak suka harus sudah memakai e-jurnal, karena hard copy sudah tidak diakui lagi,” tegasnya. (mer/humas)