Perlengkap Tri Dharma Perguruan Tinggi, Syarat Dosen Ajukan SERDOS

Tunjangan profesi atau tunjangan Sertifikasi Pendidikan untuk Dosen (SERDOS) sedang menjadi pembicaraan hangat di kalangan dosen baik PTN maupun PTS. R. Petrus Subekti, SH.,M.Si., Kepala bidang Akademik Kemahasiswaan dan Ketenagaan Kopertis Wilayah VII, mengatakan bahwa serdos merupakan proses untuk mendapakan sertifikasi pendidik.

“Itu adalah proses, yang benar adalah tunjangan profesi merupakan laporan kinerja dosen dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. Jadi tunjangan profesi diibaratkan kinerjanya. Dosen harus melakukan tri dharma perguruan tinggi dulu dengan lengkap,” katanya saat membuka workshop “Penyamaan Persepsi Penilaian Kinerja Dosen” di Hotel Savana Malang, Kamis (1/3).

Petrus mengatakan, untuk menunjang proses tersebut aplikasi SILADIKTI sudah tersedia. Mekanismenya seluruh dosen yang mempunyai NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) di Jawa Timur mengisi BKD (Beban Kerja Dosen). Masing-masing dosen akan diberikan password dan seluruh pimpinan dan assessor akan diberi pengarahan dan username.

“Prosesnya setelah dosen mengisi BKD, pimpinan perguruan tinggi akan mengirimkan ke assessor. Kemudian assessor mereview dan dikembalikan ke perguruan tinggi. Dari perguruan tinggi akan mengirimkan ke Kopertis dan dievaluasi,” pungkasnya. (mer/humas)