Gali Potensi, Lab Bahasa ITN Malang Adakan English Competition

Mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang diharapkan tidak hanya jago dalam bidang teknik, namun juga bidang lain sesuai passionnya. Upaya pencarian dan pengembangan bibit-bibit potensial dalam bidang bahasa inggris dilakukan oleh Lab Bahasa Inggris ITN Malang dengan menggelar English Competition.

“Mahasiswa mempunyai potensi lain selain bidang teknik, salah satunya mengenai penguasaan bahasa inggris. Ini yang sedang kami gali untuk dikembangkan,” terang Drs. Addy Utomo, MPd., Kepala Lab Bahasa ITN Malang, Senin (19/3).

Debat bahasa inggris ini menurut Addy sekaligus untuk mempersiapkan perwakilan yang akan mengikuti kompetisi yang selalu diadakan oleh Kopertis Wilayah VII setiap tahunnya. Selain itu sebagai persyaratan dalam rangka akreditasi jurusan dan institut serta anugerah kampus unggulan. “Tiap event yang diadakan oleh Kopertis Wilayah VII ITN selalu mengirimkan perwakilan. Semoga ada peluang, dan sangat bersyukur kalau bisa menang. Kami tidak ada jurusan khusus bahasa, tapi kami tetap berusaha,” tambahnya.

Mahasiswa ITN yang tertarik dalam bidang bahasa ingris kebanyakan sudah bergabung dalam UKM EPIC (English Public Society). Meskipun sebagian yang ikut training adalah dari EPIC, namun Lab Bahasa Inggris juga membuka pendaftaran untuk semua mahasiswa ITN Malang yang tertarik mengikuti kompetisi di Kopertis.

Untuk menumbuhkan minat mahasiswa dalam mengikuti kompetisi, Ketua Lab Bahasa ini berharap adanya kerjasama dari berbagai pihak. “Kedepannya saya berharap tiap jurusan bisa mengirimkan dua tim atau lebih untuk mengikuti debate maupun speech,” harapnya. (mer/humas)