Mantan Wali Kota Malang Ajak Mahasiswa Mandiri dalam Bekerja dan Merdeka dalam Berkarya

Drs. Peni Suparto, M.AP., menjadi pembicara penting dalam workshop Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) S1, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Mantan Wali Kota Malang dua periode tahun 2003 – 2013 itu mengajak mahasiswa untuk mandiri dalam bekerja dan merdeka dalam berkarya sesuai dengan tema workshop.

Peni mengatakan bahwa perkembangan teknologi dan sistem informasi yang cepat turut melemahkan spirit kemandirian dalam bekerja karena ada ketergantungan pada pihak lain. Dilain sisi dunia maya membuka kesempatan dalam berinovasi sekaligus mempengaruhi orisinalitas ide sehingga kehilangan identitas dalam berkarya.

“Penggunaan internet mengakibatkan jangkauan informasi lebih luas dan tidak terbatas. Ini mengakibatkan transaksi barang dan jasa semakin tinggi dan tidak bisa dibatasi. Mulai layanan transportasi online sampai bisnis pemasaran semua bisa dikendalikan dari rumah,” terangnya, Sabtu (24/3).

Kita sedang berada di dalam dunia yang sudah berubah. Oleh sebab itu Peni mengajak generasi muda segera mengambil langkah agar bangsa Indonesia tidak ketinggalan. Caranya dengan mandiri dalam bekerja serta merdeka dalam berkarya.

“Memang kita tidak bisa hidup sendiri, namun tidak selamanya kita bisa mengandalkan orang lain dan mengandalkan perangkat teknologi. Selama pekerjaan masih mungkin dikerjakan sendiri maka maksimalkan sumberdaya internal yang kita miliki,” bebernya.

Peni juga mendorong mahasiswa untuk menggali potensi sendiri. Tidak hanya menjiplak melaui dunia internet, namun juga bisa melibatkan ide sendiri dan memperkaryakan gagasan sendiri. “Yang ada di dalam dunia internet hanya referensi, mahasiswa harus bisa memunculkan ide-ide kreatif dan inovasif untuk berjaya dan mandiri,” katanya. (mer/humas)