Belajar Pada Pakar, Mahasiswa Geodesi ITN Malang Kunjungi BIG, PT Waindo, dan Pushidrosal

Melihat secara langsung pengaplikasian sebuah teori yang didapat di bangku kuliah sangatlah penting. Apa lagi bagi mahasiswa Teknik Geodesi yang notabene tugasnya bersinggungan dengan survey, baik itu survey darat, laut maupun udara. Karena itulah ketika mereka melakukan study excursie (SE) pada Selasa-Kamis (2-5/7/18), kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik untuk menggali ilmu dan informasi.

Bertema ‘Sharing and exchange ideas to increase our knowledge’ mahasiswa Teknik Geodesi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengunjungi tiga perusahaan besar yakni, Badan Informasi Geospasial (BIG) Bogor, PT Waindo SpecTerra, dan Pusat Hidrografi & Oseanografi TNI AL (Pushidrosal). “SE ini memang untuk menambah wawasan dan penerapan ilmu tentang kegeodesian ke dalam kerja nyata di semua bidang,” terang Carolina Mey Anggraini, mahasiswa Teknik Geodesi saat ditemui di ruang humas, Selasa (10/7/18).

Carol biasa disapa, sangat terkesan kala mengunjungi PT Waindo SpecTerra dan Pushidrosal. Di Waindo tuturnya, mereka mendapat materi langsung dari pakar. Ini merupakan pengalaman langka yang tidak didapatkan di perkuliahan. “Bedanya jauh banget, kalau langsung di lapangan kami jadi open minded realist. Tahu apa yang harus dilakukan semisal ada suatu kasus,” papar mahasiswi asli Trenggalek ini.

Mahasiswi semester lima ini juga mengatakan, apa yang diperoleh dari ketiga tempat yang dikunjungi sangat mendukung mata kuliah yang ia tempuh, seperti mata kuliah fotogrametri, GPS, penginderaan jauh, matra laut dan lain sebagainya. “Manfaatnya lainnya saya jadi tahu tujuan akhir setelah selesai kuliah di geodesi, sebagai bahan referensi kerja nantinya,” lanjutnya.

Tak beda jauh Aska sapaan dari Andreani asca suhkayanti, juga merasa bersyukur sekali bisa mengikuti kegiatan SE, apalagi ketika mereka mengunjungi Pushidrosal TNI AL. Saat sampai di Pushidrosal, ke 50 mahasiswa ITN ini disambut dengan cara militer.

Belajar Pada Pakar, Mahasiswa Geodesi ITN Malang Kunjungi BIG, PT Waindo, dan Pushidrosal

Belajar Pada Pakar, Mahasiswa Geodesi ITN Malang Kunjungi BIG, PT Waindo, dan Pushidrosal

Aska menuturkan, di Pushidrosal mereka mempelajari cara mengolah data peta sounding laut. “Tujuan peta ini untuk keperluan pelayaran dan pertahanan negara
bagi TNI ,dan ada juga yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat umum. Tapi intinya dari ketiga lokasi yang kami kunjungi semua menggunakan satu peta acuan, satu datum dan satu referensi koordinat,” kata mahasiswi asal Sulawesi Tenggara ini. (mer/humas)