Satuan Pengamanan (Satpam) ITN Malang, Amankan Kampus II dengan Patroli Sepeda

Biasanya satuan pengamanan (satpam) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki saat patroli. Tapi saat ini dan seterusnya mereka bisa menggunakan sepeda untuk melakukan patroli keliling kampus. Secara resmi pihak satuan keamanan telah menerima dua unit sepeda dari yayasan Pengelola Pendidikan Umum dan Teknologi Nasional (P2PUTN) ITN Malang pada Jumat (3/8/18) yang lalu.

“Penyerahan sepeda ini adalah inisiatif dari yayasan P2PUTN. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja satpam kampus dalam mengamankan lingkungan kampus II yang begitu luas,” kata Dr. F. Yudi Limpraptono, ST.MT., Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI).

Hal ini beralasan, karena kampus II ITN Malang memiliki tujuh gedung perkuliahan, ditambah fasilitas rusunawa (asrama mahasiswa) dan fasilitas ibadah serta olahraga yang luasnya mencapai lima hektar. Sepeda patroli tersebut merupakan fasilitas bagi satuan pengamanan untuk membantu meningkatkan kinerjanya karena harus berpatroli selama 24 jam non stop.

Yudi akrab disapa menambahkan, pihak yayasan juga akan menambah CCTV (Closed Circuit Television) di beberapa gedung agar dokumentasi lebih mudah, dan dapat meringankan kinerja keamanan. Selama ini anggota satuan keamanan kampus melakukan patroli dengan berjalan kaki. Mereka terbagi dalam tiga shift jaga, satu shift beranggotakan lima personil. “Harapannya satpam lebih giat lagi dalam bekerja, sehingga ITN Malang selalu aman dan terkendali,” imbuh dekan kelahiran Malang ini.

Sambutan gembira disampaikan anggota satuan keamanan. Seusai penyerahan mereka langsung menggunakan sepeda tersebut untuk berpatroli mengelilingi kampus. “Sepeda ini akan meringankan kerja kami dalam berpatroli, karena selama kami patroli seringnya dengan berjalan kaki. Ini merupakan amanat dari yayasan P2PUTN untuk memaksimalkan pemantauan dan keamanan kampus, tentu kami harus lebih giat ke depannya,” terang Purwoko, Komandan Pleton Satuan Keamanan kampus II.

 

Satuan Pengamanan (Satpam) ITN Malang, Amankan Kampus II dengan Patroli Sepeda

Satuan Pengamanan (Satpam) ITN Malang, Amankan Kampus II dengan Patroli Sepeda

 

Kampus seluas 5 hektar ini sebelumnya telah memiliki beberapa pos keamanan, masing-masing anggota satpam yang terbagi dalam 3 shift diberi tugas untuk menempati pos-pos tersebut. Dengan demikian keamanan kampus diharapkan lebih terintegrasi. “Dalam sehari kami harus memantau sekitar 600 sepeda motor dan puluhan mobil. Adanya sepeda ini akan membantu kami dalam melaksanakan operasional kerja keamanan, khususnya patroli keliling,” imbuh komandan kelahiran Wonosari Kabupaten Malang itu.

Sejauh ini stabilitas keamanan kampus II dalam keadaan normal dan terkendali. Namun satuan keamanan harus tetap solid dan waspada bahwa modus kejahatan bisa terjadi tanpa disengaja dan direncanakan. Kejahatan bisa terjadi karena adanya celah dan kesempatan. (mus/me humas)