Kesempatan Langka, Wakil Rektor III ITN Malang Beri Kuliah Tamu di India

Siapa sangka, moment kunjungan kolaborasi riset ke India memberikan kesempatan kepada Dr.Eng.Ir. I Made Wartana MT., Wakil Rektor III Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang untuk memberikan kuliah tamu, pada 19 Agustus 2018 yang lalu. Di hadapan mahasiswa S-3 PSG Collage of Technology Coimbatore, New Delhi, India, dosen Teknik Elektro ini memberikan materi berjudul, “Facts Controllers and DG for Maximizing System Loadability”. Materi ini juga menjadi bahan desertasinya saat menempuh S3 di Asian Institute of Technology (AIT), Thailand.

Dosen asal Bali ini sebelumnya tidak menyangka bahwa ia akan diberi kesempatan untuk memberikan kuliah tamu. Kesempatan langka itupun ia terima dengan tangan terbuka. “Intinya, ketika konsumen naik maka beban listrik akan ikut naik, sehingga membutuhkan tenaga tambahan,” imbuhnya merangkum isi materi kuliah tamu. Made menambahkan, pembangkit berbasis renewable energy dengan sistem kendali modern berbasis FACTS ini akan mengontrol keamanan dan performa sistem meskipun bebannya meningkat.

Kehadiran Made pun mendapat sambutan hangat dari mahasiswa PSG Collage, dengan antusias mereka berebut mengajukan pertanyaan. “Saya belum selesai bicara mereka sudah pada mengacungkan tangan, aktif sekali mereka,” tukasnya.

Memberi kuliah tamu adalah salah satu aktifitas Made selama di India. Made menjadi perwakilan Asean bersama Thailand dalam kolaborasi riset antara Asia-India. Kolaborasi 3 perguruan tinggi tersebut adalah PSG Collage of Technology Coimbatore India, ITN Malang Indonesia, dan AIT Thailand, yang sudah dilaksanakan kunjungan perdana tanggal 14 Agustus sampai 3 September 2018 yang lalu di PSG Collage of Technology Coimbatore India. Selanjutnya akan dilakukan kunjungan balasan ke masing-masing universitas. (me/humas)