Sambut PKKMB, ITN Malang Kenalkan Duta Anti Narkoba dan Lakukan Tes Urine

Tiap tahun selalu ada yang baru pada Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Memperkuat sinergi dengan BNN Kota Malang dalam memerangi narkoba, tahun ini ITN Malang melakukan pemilihan duta anti narkoba.

“Kami sudah memilih empat mahasiswa sebagai duta anti narkoba. Mereka akan mengucapkan ikrar dan menjadi duta anti narkoba,” kata Aladin Eko Purkuncoro, ST.MT., pembina UKM Persatuan Mahasiswa Anti Narkoba (PESAN).

Duta anti narkoba ini dipilih dari dua mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) serta dua mahasiswa dari Fakultas Teknologi Industri (FTI). Untuk menjadi duta ada serangkaian tes yang harus mereka jalani. Nantinya para duta tersebut akan mengemban tugas melakukan edukasi anti narkoba. “Tugas duta membawa pesan anti narkoba. Nanti banyak kegiatannya yang akan kami jalankan bersama-sama,” lanjut Sekertaris Prodi Teknik Mesin D-3 ini.

Narkoba memang membayangi generasi dengan tidak pandang usia. Bagi perguruan tinggi pencegahan narkoba harus dilakukan sejak mahasiswa baru masuk. Bila tahun sebelumnya ITN hanya melakukan tes urine pada sebagian mahasiswa baru sebagai ‘sampling’, untuk tahun ini semua mahasiswa baru harus menjalani tes urine. “Semua mahasiswa baru harus menjalani tes urine. Memang tidak kami umumkan sebelumnya, kami harapkan tidak ada indikasi mengarah kepenggunaan narkoba,” kata Aladin.

 

Sambut PKKMB, ITN Malang Kenalkan Duta Anti Narkoba dan Lakukan Tes Urine

Sambut PKKMB, ITN Malang Kenalkan Duta Anti Narkoba dan Lakukan Tes Urine

 

Kalaupun ada masih menurut Aladin, pendekatan ‘soft communication’ akan dijalankan oleh UKM PESAN, dengan pendekatan personal, dengan tetap selalu berkoordinasi dengan BNN Kota Malang. “Ini merupakan socio responsibility kami terhadap masyarakat sekitar,” imbuhnya.

Sedangkan Ariadi Sofyan, ketua pelaksana tes urine dari UKM Pesan menyatakan, secara menyeluruh tidak ada kendala dalam pelaksanaan tes urine bagi mahasiswa baru, semua mengikuti dengan tertib. “Alhamdulillah tidak ada kendala, juga tidak ada yang mangkir. Hanya teknis saja, misal dihari pertama belum tes urine, maka bisa ikut dihari berikutnya,” terang Sofyan biasa disapa. Ia berharap hasil tes laboratorium negatif sehingga mahasiswa ITN Malang bersih dan bebas dari narkoba. (me/humas)