Sketsa On The Spot Ramaikan Architecture Days

Puluhan mahasiswa baru Teknik Arsitektur Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang tampak antusias mengikuti lomba sketsa on the spot. Mereka terlihat asik mencoretkan pensil di kertas kosong di halaman gedung rektorat dan lapangan merah kampus I, Jumat (26/10/18).

Kegiatan sketsa ini merupakan rangkaian dari Architecture Days 2018, yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) ITN Malang. Sebelum melakukan sketsa on the spot, mahasiswa baru diberi bekal oleh pemateri baik dari alumni maupun praktisi. Seperti ‘Perancangan Arsitektur’ oleh alumni dan ‘Talk Show Sketsa’ oleh praktisi asal Kota Batu.

Menurut pendamping lomba sekaligus pemateri talk show sketsa, Luqman Reza Mulyono (akrab disapa Jongkie) ada beberapa kriteria penilaian lomba. Diantaranya, obyek menarik atau tidak, dari segi teknis harus proporsional, garis tegas atau masih ragu-ragu. “Biasanya yang sering melakukan sketsa dalam membuat garis sudah tegas,” terang alumni Universitas Brawijaya ini.

Sketsa merupakan salah satu bekal dasar yang harus dimiliki seorang arsitek. Meskipun cara membuat sketsa terlihat cepat tapi menurut Jongkie harus tetap kelihatan proporsional. Bagaimanapun sketsa diperlukan untuk mempresentasikan ide dengan cepat. “Mau dijadikan bangunan atau tidak, gambarnya sketsa harus dibuat,” katanya. (mer/humas)