Back

Nonton Live Musik, Nikmati Segarnya Minuman Probiotik, Sambil Belajar IT dan Robotika

Menonton acara televisi menjadi hiburan tersendiri tentunya bagi kita. Ada yang menambah wawasan dan mendidik, atau sekedar menghibur. Jadi tidak aneh bila dibanyak daerah sudah mulai menjamur televisi lokal di tengah pesatnya pertumbuhan televisi nasional. Ini membuktikan bahwa televisi tetap menjadi primadona untuk mencari hiburan dan berita.

Di balik puluhan acara televisi tiap harinya, tahukah kita betapa rumitnya dapur redaksi mempersiapkan acara-acara tersebut. Mulai dari mempersiapkan materi acara sampai proses produksi. Hal inilah yang berusaha dipelajari oleh peserta mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Kali ini JTV Surabaya menjadi salah satu tujuan mahasiswa untuk memperdalam pemahaman dan pengaplikasian ilmu Sistem Informasi dan Sistem Multimedia.

“Kami berkunjung ke JTV Surabaya untuk melihat secara langsung (proses produksi acara) sehingga memahami pengaplikasian ilmu IT (Information technology) yang telah di pelajari di kampus dalam dunia kerja,” terang Muhammad Ari Ramadhan, Humas Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HATI) S-1, saat ditemui di ruang humas ITN Malang sepulang kegiatan study excursie.

Mahasiswa semester enam ini menjelaskan, kunjungan ke JTV Surabaya kali ini untuk menambah wawasan mahasiswa terhadap dunia kerja. Ini sangat penting guna menyiapkan mahasiswa agar lebih faham dan terampil dalam bidangnya. Untuk itulah mahasiswa Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengadakan Study Excursie 2019 pada Senin, (04/02/19) yang lalu.

Mahasiswa yang terdiri dari angkatan 2016, 2017, dan 2018, ini mendapat penjelasan mengenai sistem kerja pada tiap divisi di stasiun JTV. Antara lain melihat pengoperasian alat kerja serta melihat proses pengeditan pada ruang editing. Bahkan, mahasiswa kampus biru ini diperbolehkan berjoget dalam salah satu acara hiburan JTV. “Kami juga sempat melihat bahkan menikmati ‘Live in Stasiun Dangdut JTV’, dan kami boleh ikut berjoget bersama,” aku mahasiswa semester enam ini bersemangat.

 

Nonton Live Musik, Nikmati Segarnya Minuman Probiotik, Sambil Belajar IT dan Robotika
Nonton Live Musik, Nikmati Segarnya Minuman Probiotik, Sambil Belajar IT dan Robotika

 

Kekompakan dari tiap angkatan mahasiswa Teknik Industri saat mengikuti SE tidak hanya sampai disitu. Tak kalah serunya, mereka juga melihat proses produksi di PT Yakult Persada Indonesia Mojokerto. Di sana mereka disuguhi pengoperasian robot dalam produksi di perusahaan minuman probiotik tersebut. “Karena bisa melihat atau memahami bagaimana pengoperasian robot (dalam proses produksi). Di sana juga diterangkan manfaat mengkonsumsi Yakult serta proses pembuatannya, ” terang mahasiswa asal Pasuruan ini. (mer/humas)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023