IKIP PGRI Bojonegoro Menimba Ilmu di ITN Malang

Melambungnya prestasi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang di jajaran perguruan tinggi Jawa Timur membuat kampus lain kepincut dengan kampus biru ini. Salah satunya adalah IKIP PGRI Bojonegoro yang tak sungkan datang untuk menimba ilmu dalam pengelolaan kampus dan penguatan kelembagaan. “Setelah saya searching ternyata ITN Malang adalah rangking satu tingkat institut di Jawa Timur. Akhirnya kami datang ke sini,” terang Budi Irhantanto, ketua Yayasan IKIP PGRI Bojonegoro, dalam acara studi banding di ruang sidang rektorat ITN Malang beberapa waktu lalu.

Menurut pria yang akrab disapa Totok itu, kedatangannya ke ITN Malang diperkuat oleh posisi IKIP PGRI Bojonegoro yang sama-sama institut. Pengelolaan antar kedua kampus bisa jadi tidak begitu berbeda. Sehingga harapannya dapat baju sebagaimana kampus beralamat di Jl. Sigura-gura ini. “Kalau menyaingi ITN Malang kayaknya tidak mungkin. Meski 20 tahun lagi kayaknya masih tidak mungkin. Tetapi paling tidak kami dapat belajar,” lanjutnya dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Totok juga bercerita bahwa kampusnya memiliki sebanyak 1.100 mahasiswa dengan lima program studi. Sejauh ini, lanjutnya, pihaknya selalu kesulitan dalam tata kelola, termasuk dalam manajeman data-data. “Jadi pada saat perangkingan, kita direpotkan olah data yang tidak ready, saat mau upload harus telepon dosen-dosennya. Karena itu saya juga membawa bagian sistem informasi manajemen untuk bertukar wawasan nantinya,” tuturnya.

Tak lupa, Totok juga menyampaikan banyak terimakasih pada ITN Malang yang telah menyambut hangat dan membuka diri dalam hal keilmuan. “Kita dengan ITN Malang ini sama-sama swasta, mahasiswa tidak datang sendiri, makanya kita perlu berjuang bareng-bareng,” kata dia. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I, Dr. Ir. Kustamar, MT, Wakil Rektor III, Dr. Eng. Ir. I Made Wartana, MT, Dekan FTI, Dr. Ir. Yudi Limpraptono, MT, Dekan FTSP, Dr. Ir. Nusa Sebayang, MT, dan Kepala Humas, Elizabeth Catur Yulia Sri Wahyuni, SH. (her)