Mahasiswa ITN Malang Semangat Konservasi Mangrove

Mahasiswa ITN Malang Semangat Konservasi Mangrove

Biasa berkutat di kampus dengan basic teknologi bukan berarti mahasiswa tidak mengindahkan lingkungan. Begitu pula mahasiswa teknik yang terhimpun dalam Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) S1 ITN Malang. Demi kecintaan terhadap kelestarian alam, mereka mengadakan bakti sosial dengan menamam mangrove di Pantai Clungup, pada Sabtu 16 Desember 2017 yang lalu. Pantai Clungup sendiri berada di wilayah Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

“Lokasi pantai masih sedikit jumlah tanaman mangrove dan sangat berpotensi terkena abrasi pantai. Untuk itulah kami ingin berkontribusi menanam mangrove,” aku Galuh Wahyu Wicaksana, Ketua HMTI kepada humas ITN Malang, Senin (18/12).

Pantai Clungup merupakan kawasan konservasi Mangrove (Clungup Mangrove Conservation), yang secara swadaya sudah dikelola oleh masyarakat yang peduli terhadap kelestarian lingkungan. Ini memudahkan mahasiswa ITN Malang mendapatkan bibit mangrove dari masyarakat sekitar.

Mahasiswa ITN Malang Semangat Konservasi Mangrove
Mahasiswa ITN Malang Semangat Konservasi Mangrove

Dengan semangat sekitar 40 mahasiswa ITN ini menanam mangrove di pantai seluas kurang lebih 100 m2. Mungkin tidak luas dan tidak banyak mangrove yang mereka tanam, namun peran serta mahasiswa dalam pelestarian lingkungan perlu diapresiasi. Mereka tidak hanya bisa menikmati indahnya pantai namun juga berusaha menjaga pantai tersebut.

“Perlu peran aktif dari mahasiswa dan masyarakat untuk peduli lingkungan. Jadi tidak hanya bisa menikmati saja namun juga ikut menjaga,” katanya.

Mahasiswa asli Lumajang ini menyatakan, HMTI akan ikut memantau hasil penanaman mangrove yang telah mereka tanam. “Kami akan sosialisasikan kemajuan penanaman mangrove kepada peserta baksos. Semoga peran serta kami (pelestarian lingkungan) tahun ini bisa berlanjut ditahun-tahun mendatang,” ujarnya. (mer/humas)

 

image_pdfimage_print