Inilah Juara II dan III Olimpiade Teknik Kimia ITN Malang

Imania Afidatus Syaifabila, Salma Fadila dan Ferdian Yoga, merupakan siswa SMAN 4 Kota Malang yang berhasil memboyong trofi juara dua dalam ajang “Chemical Engineering Olympic” 2018.

Olimpiade Kimia SMA/SMK sederajat Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang ini juga memberikan juara ketiga kepada SMAN 5 Kota Malang yang terdiri dari Salwa Ulayya, Galuh Cahyaning Fiad, dan Muhamad Rizki Pratama.

Saat ditemui seusai lomba, tim SMAN 4 Kota Malang mengungkapkan pengalaman pertamanya mengikuti ajang olimpiade Teknik Kimia. “Sulit tesnya, di sini kami mendapat pengalaman langsung karena di sekolah belum pernah diberikan,” terang Imania Afidatus Syaifabila, Rabu (9/5).

Siawi kelas 11 ini menuturkan, dalam tahap praktikum mereka mendapat tugas mengukur kadar suatu asam menggunakan baku basa. Sedangkan pada tahap debat mereka harus bisa mempresentasikan tema “Energi biodesel untuk teknologi”. “Olimpiade ini benar-benar menambah pengalaman bagi saya. Menambah teman dan mengasah kemampuan,” imbuh Salma Fadila, siswa lain dari SMKN 4.

Sedangkan tim SMAN 5 Kota Malang pada tahap debat harus berhadapan dengan SMAN Taruna Nala Jawa Timur. Meskipun akhirnya harus berada di posisi ke tiga, mereka sangat senang karena baru pertama kali memperoleh juara. “Pernah sebelumnya dua kali ikut lomba di universitas lain, tapi belum pernah menang,” kata Salwa Ulayya.

Kemenangan ini pun tidak terlepas dari kerja keras ketiga siswa SMAN 5 yang tergabung dalam kelas olimpiade. “Selain kelas reguler di sekolag kami juga ada kelas olimpiade. Jadi kalau ada kompetisi kami sudah siap. Karena kami belajar sesuai mata pelajaran olimpiade,” aku Salwa.

Awalnya, sebelum masuk kelas olimpiade mereka harus diseleksi berdasarkan nilai raport dan tes IQ. “Tahun depan kami akan ikut lagi di olimpiade Kimia ITN Malang,” imbuhnya. (mer/humas)