Tampilkan Budaya, Bangun Hubungan Harmonis antar Mahasiswa

Lagu Janger Bali terdengar rancak dan kompak dari perayaan Dharma Shanti Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Rabu (9/5). Dipadu dengan koreo yang apik ditampilkan oleh Paduan Suara Mahasiswa Vox Coeleistis Choir (VCC) ITN Malang. “Kami merasa bangga didaulat menyanyi pada perayaan Dharma Shanti,” ujar Baiq Husnul, ketua UKM VCC.

Selain paduan suara ada berbagai kesenian daerah khas Bali yang disuguhkan untuk memeriahkan perayaan Dharma Shanti Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 di ITN Malang.

Made Danindra Adhikarisma, Ketua Ikatan Mahasiswa Hindu Dharma (IMHD) ITN Malang mengatakan, dalam perayaan keagamaan selalu disertai dengan pentas budaya dan lomba budaya. Lomba budaya misalnya, lomba dharma wacana, gebokan dan jegeg bagus. Jegeg bagus sendiri merupakan tata busana kehinduan saat perayaan.

Dalam Dharma Shanti kali ini berbagai budaya daerah Bali disajikan, mulai dari tari-tarian sampai lagu. Tidak hanya dari mahasiswa ITN namun partisipasi juga datang dari berbagai UKM Hindu di Malang. “Ada berbagai UKM Hindu yang ikut perayaan, seperti dari Polinema, UB, dan lain sebagainya. Juga dihadiri oleh paguyuban Hindu yang ada di Malang,” katanya saat memberikan keterangan bersama I Wayan Ekagra Mana Kresna Gita, salah satu panitia dari IMHD.

Tampilkan Budaya, Bangun Hubungan Harmonis antar Mahasiswa

Tampilkan Budaya, Bangun Hubungan Harmonis antar Mahasiswa

Menurut Made, dengan adanya kegiatan kegamaaan maka mahasiswa ITN akan semakin harmonis. “Kampus ITN menjadi pencetus dimana mahasiswanya menjaga toleransi antar agama,” kata mahasiswa Teknik Industri S-1 ini. (mer/humas)