Kontribusi Nyata, Pemkab Tojo Una-Una Perpanjang Kerjasama dengan ITN Malang

Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tojo Una-Una (Touna), Sulawesi Tengah, resmi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan MOU ini dilakukan langsung oleh Rektor ITN Malang Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT., dan Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, SE.MM., di ruang sidang pascasarjana, kampus I ITN Malang, Kamis (12/7).

Rektor ITN Malang Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT., menyampaikan, MoU ini merupakan bukti kepercayaan Touna kepada ITN. Pasalnya kerjasama ini merupakan perpanjangan dari kerjasama yang sudah terjalin sejak lima tahun yang lalu. “Ini (kerjasama) sebagai bukti bahwa ITN Malang mampu memberikan kontribusi nyata kepada Kabupaten Tojo Una-una. Kalau kami tidak memberikan manfaat maka tidak mungkin akan diperpanjang,” katanya.

Rektor menegaskan bahwa ITN Malang siap ikut berperan memajukan Tojo Una-Una, apalagi dengan SDM ITN yang diyakini sebagai gudangnya para ahli teknologi. ITN juga memiliki program studi yang berkualitas, salah satunya didukung dengan diraihnya akreditasi A oleh Teknik Mesin dan Teknik Elektro, serta adanya Program Pascasarjana untuk studi lebih lanjut. Sejauh ini ITN sudah banyak bekerjasama dengan berbagai daerah, bahkan mereka juga mengkuliahkan putra daerahnya ke ITN Malang, salah satunya adalah Kabupaten Goa. “Kami siap memberikan kontribusi dalam pengembangan wilayah dan SDM di Tojo Una-Una. Ini juga merupakan bentuk kepedulian ITN Malang kepada pemerintah daerah dan masyarakat,” lanjutnya.

Kontribusi Nyata, Pemkab Tojo Una-Una Perpanjang Kerjasama dengan ITN Malang

Kontribusi Nyata, Pemkab Tojo Una-Una Perpanjang Kerjasama dengan ITN Malang

Sementara itu Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, SE.MM., berharap ITN terus bisa membantu Touna dengan keahliannya. Mengingat kapubaten yang sedang dipimpinnya baru mekar tahun 2003 yang lalu. Diusia Touna yang masih belia tersebut tentunya sangat butuh sumber daya manusia untuk mengembangkannya.

Lebih lanjut Lahay mengatakan, posisi Touna yang terdiri atas daratan dan lautan menjadikan Touna kaya akan potensi alam, diantaranya pertanian, perikanan dan yang paling menonjol adalah sektor pariwisata. “Kami memiliki 12 kecamatan, enam kepulauan dan enam daratan. Potensi ini yang butuh kami kelola, karenanya kami menjalin kemitraan dan kerjasama dengan ITN Malang. Dengan perpanjangan MoU ini semoga kerjasama dengan ITN Malang terus berlanjut,” pungkasnya. (mer/humas)