Ketua LP3AI: Lulusan ITN Malang Harus Berpengetahuan, Terampil dan Miliki Attitude Baik

Ketua LP3AI: Lulusan ITN Malang Harus Berpengetahuan, Terampil dan Miliki Attitude Baik

Seminar Penyempurnaan Kurikulum Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menghadirkan pembicara Dr.Ir. Endratomo M.Ars., yang menyampaikan panduan penyusunan kurikulum dari Dikti sekaligus sebagai narasumber penyusunan kurikulum di Indonesia. Ketua LP3AI (Lembaga Pusat Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional), Dr. Dedy K. Sunaryo, ST.MT., menyatakan, melalui seminar ini akan dilakukan evaluasi dengan ikut memperhitungkan masukan-masukan dari para alumni dan stakeholder untuk pembaharuan kurikulum yang baru. Kekuatan dan kelemahan (SWOT) kurikulum juga turut dianalisis sebagai bahan kajian pembelajaran yang tadinya tidak ada menjadi ada atau sebaliknya.

“Harus ada capaian pembelajaran lulusan yang agak beda dari yang dulu sehingga harus ada penyempurnaan. Kami perlu melihat kondisi kebutuhan masyarakat dan industri. Kebutuhan-kebutuhan itulah yang harus dievaluasi dan dimasukkan dalam kurikulum. Harapannya lulusan ITN nanti lebih siap lagi di tingkat nasional dan internasional,” ungkapnya saat ditemui usai acara yang digelar di kampus I, Kamis (19/7).

Dosen Teknik Geodesi ini juga membeberkan, dalam penyusunan kurikulum awalnya yang dilihat adalah profil lulusan dengan kompetensi seperti yang diinginkan. Dari profil lulusan tersebut maka dibuatlah ‘learning outcome’. “Capaian pembelajaran lulusan itu pengetahuannya apa saja. Keterampilan khusus dan umum, sikap dan tata nilainya harus dituangkan dalam capaian pembelajaran lulusan. Dari capaian pembelajaran itulah maka dibuat bahan kajian, metode pembelajaran, praktikum, studio lapangan dan lain-lainya harus digodok sesuai dengan kebutuhan,” imbuhnya.

Dengan begitu lulusan ITN Malang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar, yang tidak hanya mumpuni di ilmu pengetahuan dan keterampilan, namun juga memiliki attitude yang baik. “Pasar mengharapkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan attitude yang baik. Ketika mereka memiliki pengetahuan dan ketrampilan lebih tapi attitude tidak bagus maka dunia industri akan mempertanyakan, karenanya semua harus bagus,” tegasnya. (mer/humas)

 320 total views,  1 views today

image_pdfimage_print
itn.ac.id - Powered by PUSTIK - NOC