Kibarkan Merah Putih, ITN Malang Peringati HUT RI ke-73

Kibarkan Merah Putih, ITN Malang Peringati HUT RI ke-73

Setiap tanggal 17 Agustus Indonesia memperingati hari kemerdekaan RI. Tahun 2018 ini Indonesia genap berusia 73 tahun. Berbagai wilayah serentak menggelar upacara bendera, termasuk Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Upacara di ITN Malang dimulai pukul 07.30 dengan inspektur upacara Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT., Rektor ITN Malang, sedangkan Giovanny Wiwoho anggota Resimen Mahasiswa didaulat sebagai pemimpin upacara. Dalam sambutannya rektor mengajak seluruh elemen bangsa untuk memahami kembali Pancasila dan kebhinekaan bangsa. “Atas dasar kebhinekaan inilah bangsa kita menjadi kuat,” katanya, Jum’at (17/8/18).

Rektor melanjutkan, saat ini bangsa Indonesia banyak mendapat pujian baik karena stabilitas politik, perkembangan ekonomi, serta prestasi-prestasi yang diraih anak bangsa. Prestasi tersebut dalam bidang olahraga, sains, inovasi mahasiswa, serta iptek.

Seperti halnya di bidang sains, gagasan mahasiswa Indonesia yaitu mobil sampah plastik menjadi juara di ajang inovasi teknologi Shell Idealis 360. Inovasi mahasiswa menjadi juara dunia pada ajang adu cepat mobil hemat energi Drivers’ World Championship.

“Untuk itu sebagai institusi iptek, kita harus terus meningkatkan sinergi dengan pelaku industri dan masyarakat, sehingga mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan dan menjawab permasalahan bangsa,” imbuhnya.

Revolusi industri 4.0 juga menjadi sorotan dalam pidato rektor. Perlu ada penguatan literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis dan matematika dengan literasi baru dalam pendidikan tinggi.

 

Kibarkan Merah Putih, ITN Malang Peringati HUT RI ke-73
Kibarkan Merah Putih, ITN Malang Peringati HUT RI ke-73

 

“Data literation, technology literation dan human literation, perlu dikuasai oleh semua lulusan perguruan tinggi, termasuk dosen, guru maupun tenaga kependidikan. Dengan penguatan itu bangsa Indonesia akan mampu melewati tantangan revolusi industri 4.0,” beber alumni Universitas Teknologi Malaysia (UTM) ini.

Di akhir upacara, rektor memberikan piagam dan apresiasi kepada dosen dan mahasiswa berprestasi. Mahasiswa berprestasi ini mayoritas adalah mahasiswa yang lolos PKM tahun 2018. Pemberian apresiasi ini rutin dilakukan oleh ITN Malang dalam setiap upacara peringatan hari besar nasional. (me/humas)

 503 total views,  1 views today

image_pdfimage_print
itn.ac.id - Powered by PUSTIK - NOC