ITN Malang dan Unmas Denpasar Lakukan Kerjasama di Berbagai Bidang

Kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi terus dilakukan oleh Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Baru-baru ini ITN Malang digandeng oleh Universitas Mahasaraswati Denpasar (Unmas Denpasar) melalui jalinan nota kesepahaman (‘Memorandum of Understanding’/MoU). Tidak tanggung-tanggung, ada dua kerjasama yang ditandatangani, yakni MoU antara institusi ITN Malang dan Unmas Denpasar, serta MoU antara Program Studi Teknik Sipil dan SDA S-1 ITN Malang dan Fakultas Teknik Unmas Denpasar.

Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT., menyambut gembira kerjasama tersebut. Selama ini Teknik Sipil ITN merupakan jurusan yang peminatnya paling banyak selain Teknik Elektro dan Teknik Mesin. Kerjasama ini nantinya menjadi jembatan untuk bisa saling mengadopsi ilmu guna pengembangan masing-masing institusi. “Kalau sudah kerjasama bolehlah kita saling mencontoh, sudah syah. Beda kalau belum kerjasama ya belum syah,” ujar rektor saat memberikan sambutan, Jumat (05/10/18).

Senada dengan rektor ITN, Ir. I Made Sastra Wibawa, M.Erg., Wakil Rektor III Unmas Denpasar juga menyampaikan, dengan ditandatangani MoU maka banyak kesempatan kedua belah pihak untuk bersama-sama mengembangkan institusi. “Tentunya tim kami yang nanti akan belajar banyak kepada ITN Malang,” katanya.

Sesuai MoU, ada tiga garis besar kerjasama antar institusi ini, antara lain menyangkut: pengembangan pendidikan, sumber daya manusia, dan institusi. Dimana dari ketiganya dijabarkan ruang lingkup kerjasama pada: pengembangan kelembagaan, penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, pelaksanaan kerjasama publikasi ilmiah dan hasil penelitian, penyelenggaraan seminar/workshop/penelitian, abdimas, benchmarking perluasan akses kerjasama luar negeri, serta penyelenggaraan laboratorium dan perpustakaan.

Sedangkan kerjasama antara Prodi Teknik Sipil dan SDA S1 ITN Malang dan Fakultas Teknik Unmas Denpasar melingkupi, peningkatan kualitas Tridharma perguruan tinggi melalui pengembangan pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

 

ITN Malang dan Unmas Denpasar Lakukan Kerjasama di Berbagai Bidang

ITN Malang dan Unmas Denpasar Lakukan Kerjasama di Berbagai Bidang

 

Ditemui usai MoU, Ir. I Made Letra, M.Si. Dekan Fakultas Teknik Unmas Denpasar mengatakan, banyak yang bisa dilakukan bersama. Kerjasama bidang pengajaran dengan mendatangkan dosen tamu, penelitian dengan join riset antar dosen dan mahasiswa, sedangkan untuk pengabdian masyarakat tidak hanya fokus pada Teknik Sipil, namun bisa juga dengan Teknik Arsitektur. “Di ITN-kan ada Arsitektur, nanti bisa kerjasama dengan membuat desain bangunan di Bali,” tuturnya.

Mengawali kerjasama ini, dihari yang sama Dr.Ir. Nusa Sebayang, MT., memberikan kuliah tamu kepada mahasiswa Unmas Denpasar di ruang Hidrolika Kampus I ITN Malang. Materi yang disampaikan oleh Dekan Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITN Malang ini adalah ‘Analisis Dampak Lalu Lintas’. (mer/humas)