Kunci Sukses Seorang Arsitek adalah Pola Pikir

Terkenal oleh masyarakat awam bahwa seorang arsitek kerjaannya adalah mendesain/menggambar. Padahal menurut hemat Soni Soehartono ST., yang lebih akrab disapa Soni, seorang arsitek kerjaannya tidak hanya menggambar. Bahkan kalaupun tidak bisa menggambar tidak perlu putus asa. Terpenting yang harus dimiliki seorang arsitek adalah cara berfikir, karena banyak arsitek yang gagal karena tidak memiliki pola pikir yang bagus.

Acara yang dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) ITN ini mendatangkan alumni untuk berbagi pengalaman dan memberikan motivasi kepada mahasiswa baru arsitektur. “Yang sukses menjadi arsitek adalah yang memiliki pola pikir bagus. Ini berkaitan dengan menggali sebuah ide, karena setiap apa yang kita gambar ayatnya adalah pola pikir,” terang alumni Teknik Arsitektur angkatan 90 ini.

‘Owner’ sonystudioarsitek.com ini menyatakan, intisari berarsitektur adalah membuat dunia lebih baik, dan tidak membosankan. Apalagi saat ini profesi arsitek sedang naik daun. Banyak proyek negara yang membutuhkan campur tangan arsitek. Begitupula lulusan arsitektur juga banyak terserap di berbagai lini pekerjaan.

“Seorang arsitek itu bisa berkontribusi dalam banyak bidang. Bahkan lulusan arsitek mampu menjadi pemimpin. Misalnya saja Ridwan Kamil dan Ibu Risma, mereka sama-sama wali kota lulusan arsitektur,” terang Soni saat memberikan ‘talk show’ ‘Perancangan Arsitektur dalam kegiatan ‘Architecture Days’ 2018, di kampus I Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, Kamis (25/10/18). (mer/humas)