Ulang Prestasi, Juara Satu KKCTBN 2018 Kapal ITN Malang Satu-satunya Capai Garis Finish

Ulang Prestasi, Juara Satu KKCTBN 2018 Kapal ITN Malang Satu-satunya Capai Garis Finish

‘Kami datang dan siap berkompetisi !’ Keyakinan ini membawa Tim U.A.R.T. 1 (Uber Alles Roboboat Team) ITN Malang menjadi juara I pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2018. Menjadi jawara pada kategori Kapal Cepat Fuel Engine (engine remote control) di Politeknik Negeri Madura (Poltera), pada 17 s.d 20 November 2018 lalu, ITN Malang mengungguli tim dari PTN dan PTS se-Indonesia. Kemenangan tersebut tak luput dari kesiapan tim yang digawangi oleh manajer Bambang Hermanto. Berbekal suku cadang yang cukup, U.A.R.T. 1 menjadi satu-satunya kapal yang berhasil masuk garis finish.

“Kami memang datang untuk siap bertanding. Ini juga tak lepas dari joki (driver) kami. Dia tenang saat mengatur kapal, sehingga kapal kami menjadi satu-satunya yang bisa mencapai finish. Sedangkan peserta yang lain mesin kapalnya mati saat tanding,” ungkap mahasiswa asal Lombok ini saat ditemui di ruang Humas, Rabu (21/11/18).

Memiliki panjang 95 cm, dan engine 30 cc, U.A.R.T. 1 harus menyelesaikan dua lomba, yakni race dan drag. Race dengan mengikuti lintasan dan melewati bola-bola, sedangkan drag merupakan adu kecepatan dengan lintasan lurus. “Kami tidak menghitung waktu, tapi lebih memperhatikan amannya kapal. Jangan sampai kapal terlalu cepat tapi akhirnya mati di tengah jalan karena kemasukan air. Sebab tidak ada tim yang sampai garis finish,” ulang Bambang. U.A.R.T. 1 berhasil mencatat waktu 22 detik sepanjang lintasan 100 meter bolak-balik.

Menurut Bambang, ada tiga kategori lomba dalam KKCTBN 2018, selain Fuel Engine juga melombakan Kapal Cepat Autonomous Surface Vehicle, dan Kapal Cepat Electric Remote Control (dengan sistem manual). Tim U.A.R.T. 1 ITN Malang menjadi bagian dari 45 tim dengan 180 peserta dari semua kategori yang berasal dari perguruan tinggi seluruh Indonesia.

Kesuksesan Tim yang terdiri dari mahasiswa Teknik Mesin S-1, Bambang Hermanto (manajer tim), Ananda Putra (teknisi), Matheus Benyamin (driver), serta tim support Constantino Panggih, Muhammad Farid, Rian Widia, dan Azwar Alamsyah, mengulang kejayaan U.A.R.T. 1 tahun 2016 lalu.

 

Ulang Prestasi, Juara Satu KKCTBN 2018 Kapal ITN Malang Satu-satunya Capai Garis Finish
Ulang Prestasi, Juara Satu KKCTBN 2018 Kapal ITN Malang Satu-satunya Capai Garis Finish

 

Menduduki posisi pertama seperti pendahulunya, tim di bawah bimbingan Dr. Eko Yohanes Setyawan, ST.,MT., ini mendapat apresiasi dari Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT. Kebanggaan yang luar biasa menjadi juara satu tingkat nasional. Rektor berharap prestasi tersebut bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan dengan pengkaderan secara baik.

“Insitusi selalu mendorong mahasiswa untuk regenerasi, karena Teknik Mesin ada tiga unggulan prestasi yakni, kapal cepat tanpa awak, mobil hemat energi serta pesawat (robot terbang). Kami akan terus berupaya bersama untuk mempertahankan prestasi tersebut,” pungkasnya. (mer/humas)

 652 total views,  1 views today

image_pdfimage_print
itn.ac.id - Powered by PUSTIK - NOC