Mobil Hemat Energi ITN Malang Mengaspal di KMHE 2018

Mobil Hemat Energi ITN Malang Mengaspal di KMHE 2018

Uber Alles Racing Team (U.A.R.T.) menambah daftar prestasi mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang pada penghujung tahun 2018. Berlaga pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Padang (UNP), pada 27 November hingga 01 Desember 2018, Tim Singo Kebo berhasil memposisikan diri pada urutan ke-7 dari 26 tim dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

Ada dua kategori yang diperlombakan pada KMHE kali ini, yakni kompetisi kelas Urban Concept dengan jenis bahan bakar gasoline, ethanol, diesel, serta motor listrik, dan kelas Prototype.

Sedangkan U.A.R.T., sendiri mengaspal pada kategori Urban Concept dengan bahan bakar gasoline. “Universitas lain yang lolos ke KMHE ada dari UB, UM, UMM dan Poltek. Tapi untuk kategori Urban Gasoline dari Malang hanya ITN,” ujar Wisnu Aribudiawan Rahman, manajer tim U.A.R.T.

Semua mobil dalam kompetisi tersebut menurut Wisnu harus melintasi sirkuit sepanjang 1 kilometer dengan satu kali race sebanyak delapan putaran. “Yang dinilai jarak tempuh dan konsumsi bahan bakar,” imbuh mahasiswa Teknik Sipil S-1 ini.

U.A.R.T., diciptakan dengan irit bahan bakar. Untuk itu tidak hanya bahan baku dan desain yang sangat diperhatikan, namun juga didukung dengan riset dan latihan rutin. Sedangkan mobilnya sendiri sudah dipersiapkan sejak empat bulan yang lalu, mulai dari desain, pembuatan, hingga mempersiapkan driver dan performa tim.

“Yang berbeda dari tahun sebelumnya ada di body dan chassis (rangka). Kami menggunakan bahan yang ringan, sehingga lebih cepat dan irit. Komponen yang digunakan juga lebih simpel,” lanjut mahasiswa asal Lombok ini.

Prestasi yang diraih tentunya tetap membutuhkan evaluasi agar lebih baik lagi ke depannya. Menurut Wisnu, evaluasi yang bisa diambil dari KMHE 2018 yakni sebelum berangkat lomba tim harus sudah siap. Seleksi tim perlu lebih diperketat, ditambah dosen pembimbing harus lebih banyak dilibatkan selain dosen pendampingan. “Kami juga perlu adanya riset dan regerensi sejak dini. Dan tentunya dukungan institusi sangat kami harapkan, karena prestasi kami membawa nama institusi,” tutur Wisnu.

 

Mobil Hemat Energi ITN Malang Mengaspal di KMHE 2018
Mobil Hemat Energi ITN Malang Mengaspal di KMHE 2018

 

Sementara itu, Dr. Eko Yohanes Setyawan, ST.,MT., Dosen pendamping U.A.R.T., mengatakan U.A.R.T., mengalami kenaikan performa dari tahun-tahun sebelumnya. Yohanes juga berharap tiap tahun terus ada perbaikan prestasi dari tim U.A.R.T., ITN Malang dalam mengikuti KMHE.

Perlu diketahui Tim U.A.R.T., ITN Malang terdiri dari Wisnu Aribudiawan Rahman (manajer tim), Azwarm (driver), Sadam Sahari (cadangan), sedangkan mekanik Gunaryo Suseno, Sarifudin Rifqi, M Novel Rofiqi, serta Orfil Saputra Redehuru. (mer/humas)

 1,006 total views,  3 views today

image_pdfimage_print
itn.ac.id - Powered by PUSTIK - NOC