Peluncuran Buku 50 ITN Malang, Catatan Semangat Pengabdian dan Kisah Sukses

Peluncuran buku berjudul ’50 Tahun ITN Malang Membangun Bangsa’ menjadi penanda pencapaian dan kedewasaan ITN Malang, Sabtu (5/1/18). Buku setebal 206 halaman ini berisi sejarah berdirinya ITN sejak 4 Januari 1969. Mulai awalnya masih bernama Akademi Teknik Nasional (ATN) hingga menjadi Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang.

Buku ber-cover biru tersebut mengupas tuntas semangat perjuangan para pendiri serta upaya pengembangan ITN Malang, sehingga menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia. Sejak ITN lahir di tahun 1669, ITN Malang tidak bisa hanya dilihat dari luarnya saja tapi harus dilihat ke dalam.

“ITN Malang ternyata dipercaya oleh pemerintah sehingga mampu menduduki predikat kampus terbaik. Ini karena semangat yang luar biasa dari para pendiri beserta semua civitas academica. Mari kita pupuk sehingga lebih bagus, baik, dan nyaman untuk belajar dan bekerja,” jelas Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Lalu Mulyadi, MT., saat me-‘launching’ buku 50 Tahun ITN Malang.

Menurut rektor, ITN Malang ibaratnya sebuah lahan. Semangat mengolah lahan tersebut kemudian dituangkan dalam sebuah buku. Genap 50 tahun perjalanan ITN Malang ini menjadi jangka panjang I, selanjutnya jangka panjang II dimulai hingga tahun 2069 mendatang.

“Isinya (buku) perjalanan ITN Malang dari yang awalnya bernama ATN sampai sekarang menjadi ITN Malang. Penekanannya lebih banyak pada strategi dan langkah-langkah bagaimana kemudian ITN menjadi baik dan berprestasi seperti sekarang,” imbuh rektor.

Bila dikupas, ada 14 sub judul tulisan di dalam buku 50 Tahun ITN Malang membangun Bangsa. Antara lain berisi: Harapan Pendiri dan Yayasan, 50 Tahun Menuju Green and Sustainable Technology, Penghargaan dan Tropi Anugerah Kampus Unggul Kartika, Kembangkan Inkubator dan Unit Usaha, Kata Alumni Tentang ITN Malang, dan Kronologi Sejarah Berdirinya ITN Malang.

Semangat perjuangan para ‘founding fathers’ ITN Malang dalam memajukan bangsa juga dikupas secara gamblang. Mereka adalah R. Gonowijatdi Pr, B.A., H. Siswo Atmowidjojo, dan B.X. Soeherman. Adanya testimoni dari para alumni menambah deretan panjang prestasi ITN Malang.

“Alumni ITN Malang sudah banyak menyebar dari barat sampai timur Indonesia, bahkan ke luar negeri. Mereka bekerja baik di dalam pemerintahan maupun swasta. Di buku ini juga ada testimoni bahwa alumni ITN handal-handal dan sudah terbukti,” tandas rektor. (mer/humas)