Back

Perangi Narkoba, ITN Malang Selamatkan Generasi Muda

Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang selama ini sangat konsen memerangi narkoba. Ini dibuktikan dengan intensifnya ITN Malang bekerja sama dengan BNN Kota Malang dalam berbagai kegiatan penanggulangan narkoba. Seperti saat gelaran BNN Goes To Campus ITN Malang, ber-tagline #Young Muda #YoungStyle #LawanNarkoba, di kampus I, Senin (18/03/19). Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT menyatakan, ITN Malang konsen dengan generasi muda. Upaya preventif terus dilakukan oleh kampus biru ini, salah satunya dengan mengadakan tes urin bagi mahasiswa baru.

“ITN mendesain kampusnya agar mahasiswa disibukkan dengan banyak kegiatan, sehingga mereka tidak punya banyak waktu luang untuk memikirkan narkoba. ITN secara rutin juga sudah melakukan tes urine kepada mahasiswa baru untuk mendeteksi (penggunaan) narkoba. Kami kedepannya juga akan melakukan pengambilan sampel tes urin di moment-moment tertentu,” ungkap Kustamar.

Rektor juga mengapresiasi UKM Persatuan Mahasiswa Anti Narkoba (PESAN) ITN Malang, dimana PESAN berusaha melakukan berbagai sosialisasi baik internal maupun eksternal dengan bekerjasma dengan BNN. Menurutnya, event kali ini sangat baik untuk menyadarkan mahasiswa akan bahaya penyalahgunaan narkoba, yang akan justru membahayakan eksistensi mahasiswa. Mahasiswa tidak akan bisa berprestasi kalau mereka terkena pengaruh narkoba. “ITN sudah jelas ya, peraturan terkait narkoba. Kalau ada temuan akan disesuaikan dengan kadarnya, sanksinya mulai dari skors sampai dikeluarkan,” tegasnya.

Sedangkan Aladin Eko Purkuncoro, ST.,MT pembina UKM PESAN menyampaikan, PESAN mengantisipasi dengan melakukan pencegahan narkoba mulai dari mahasiswa masuk sampai lulus dari ITN Malang. Melalui program kerjanya, PESAN melakukan sosialisasi internal seperti di UKM dan jurusan. Sedangkan di luar kampus sosialisasi menyasar sekolah mulai SD, SMP, dan SMA, serta lingkungan, seperti dalam rapat RT. Namun menurut Aladin, PESAN tetap fokus pada internal kampus.

 

Perangi Narkoba, ITN Malang Selamatkan Generasi Muda
Perangi Narkoba, ITN Malang Selamatkan Generasi Muda

 

“Menurut mereka (pengguna), narkoba itu untuk penenang, apalagi di lingkungan mahasiswa teknik. Itu yang harus kami cegah dengan adanya kegiatan semacam ini (BNN Goes To Campus),” ujarnya. Komentar tersebut juga pernah dilontarkan oleh AKBP Ir Bambang Sugiharto, M.Si, Kepala BNN Kota Malang, termuat di www.itn.ac.id, dengan judul: BNN Kota Malang Apresiasi Cara ITN Malang Tanggulangi Penyalahgunaan Narkoba. (mer/humas)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023