Manfaatkan Digital Marketing untuk Bisnis Sukses

Manfaatkan Digital Marketing untuk Bisnis Sukses

Teknologi media informasi saat ini berkembang sangat cepat, hampir menguasai semua kehidupan manusia. Media informasi juga sudah menjadi kebutuhan, khususnya dalam pengembangan bisnis. Salah satunya adalah media sosial yang jika dimanfaatkan dengan positif, maka akan bisa membuat atau menciptakan personal branding untuk pengembangan bisnis.

Menurut Arif Bawono S., mahasiswa yang berada dalam dunia milenial sekarang ini mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk terjun di jalur bisnis. Sehingga sangat disayangkan kalau mahasiswa tidak bisa memanfaatkan digital marketing untuk membuat personal branding dalam bisnis. “Di jaman saya dulu, kalau akan membuat promosi harus memakai brosur ke sana-sini. Sekarang jamannya beda, maka manfaatkan media digital dalam bisnis,” ujar Project Manager Business Owner Schol (BOS) ini saat menjadi pemantik dalam Seminar Regional 2019, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri S-1, di Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang, kampus I, Sabtu (30/3/19).

Trainer Program Google Gapura Digital Wilayah Malang ini membeberkan, masa lampau saat mengajak orang untuk membeli sesuatu memakai tahapan dengan memberi stimulus, First Moment of Truth, dan Second Moment of Truth. Namun, sekarang setelah tahapan stimulus sudah ditambah dengan Zero Moment of Truth (ZMOT). “Sekarang ada ZMOT. Orang sebelum membeli akan mencari dahulu kualifikasi yang akan dibeli. Setelah dilihat bagus, maka kemudian Second Moment of Truth, dengen mereview apa yang dibeli. Untuk pencariannya sendiri bisa dengan melihat video, tanya teman, baru kemudian membeli,” paparnya.

Konsumen sekarang lebih pintar dan ingin pintar, untuk itu mereka akan lebih banyak mencari informasi dan pilihan. Menurut Arif, Ini akan mengarahkan konsumen pada Zero Moment of Truth. “Ini juga yang akan mengarahkan orang yang mulanya tidak akan membeli, kemudian menjadi ingin membeli. Jadi, kalau ingin membuat produk bagaimana caranya kita bisa menerapkan Zero Moment of Truth,” tegasnya.

Arif menambahkan, untuk mengajak pelanggan segera mungkin melangkah ke First Moment of Truth, salah satunya dengan membangun personal branding. Pemanfaatan fasilitas internet bisa dilakukan untuk membuat image tertentu. Caranya, bisa dengan memakai google bisnis, platform yang membantu membuat bisnis listing yang tertera di pencarian google. Google inilah yang akan menampilkan citra diri penjual. Apalagi 50 persen daerah di Indonesia sudah terkoneksi internet. Dengan 262 juta penduduk, maka semakin besar orang melihat dunia luar dari internet.

“Muncul di google itu penting, karena hampir ada 2,9 juta pencarian di google. Rata-rata orang Indonesia menghabiskan 8 jam 51 menit untuk memakai internet tiap harinya. Banyak barang dijual di online, konsumen juga beralih ke digital,” tandasnya. (mer/humas)

 360 total views,  1 views today

image_pdfimage_print
itn.ac.id - Powered by PUSTIK - NOC