Back

Sukses Karir, Mahasiswa Teknik Industri Bekali Diri dengan ‘Personal Branding’

Personal branding sangat penting untuk kesuksesan pengembangan karir, baik untuk wirausaha maupun karir di suatu perusahaan. ‘Brand’ tersebut akan membantu seseorang untuk bisa dikenal baik oleh calon pelanggan atau perusahaan. Tampilan (brand) ini bisa dibentuk sesuai dengan keinginan, sehingga menjadikan merek diri atau personal branding. Hal tersebut diungkapkan Nanang Rizal Achyar, General Manager Human Recource Services & Relations, PT Bukit Makmur Mandiri Utama.
Menurut alumni Teknik Industri S-1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang ini, perusahaan akan mencari karyawan dengan tiga kriteria. Pertama integritas, bicara sesuai apa yang dilakukan, disiplin, profesional. Kedua genuine (asli), mengingat kebanyakan sekarang anak-anak milenial suka dibuat-buat/mencontoh. Ketiga road mindset, orang yang menunjukkan keinginan berubah menuju lebih baik.

“Saya melihat dari sisi (kebutuhan) perusahaan. Maka, sebelum membuat brand pada diri, kita harus tahu karakteristik dan mengenal diri sendiri. Kalau perlu lakukan tes kepribadian, nanti akan terlihat dominan mana dari pribadi kita yang bisa dikembangkan menjadi ‘brand’,” ujar pria kelahiran Malang ini.

Dengan begitu konsistensi diperlukan dalam membuat citra diri. Venska Natasha Olivia, Wakil II Roro Kabupaten Malang 2018, juga menekankan pentingnya mem-branding diri dengan mengangkat keunikan diri sendiri. “Personal Branding memang memerlukan konsistensi, serta butuh proses. Personal branding adalah be yourself,” tegas dara cantik yang juga Duta Bahasa dan Museum Kota Malang Favorit 2018 ini.

 

Sukses Karir, Mahasiswa Teknik Industri Bekali Diri dengan 'Personal Branding'
Sukses Karir, Mahasiswa Teknik Industri Bekali Diri dengan ‘Personal Branding’

 

Total, ada empat narasumber yang dihadirkan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri S-1 dalam Seminar Regional 2019, di ruang Hidrolika kampus I ITN Malang, Sabtu (30/3/19). Bertajuk “For Why Y dan Z Generations Era”, semua pemateri mengupas tentang bagaimana memunculkan personal branding. Selain Nanang Rizal Achyar dan Venska Natasha Olivia, hadir juga Dadik Wahyu Chang, CEO & Founder Utero Indonesia sekaligus Brand Consultant, serta Arif Bawono S, Project Manager Business Owner Schooling (BOS). (me/humas)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023