Back

Decoration Interior Expo (Decorintex) 2019, ITN Malang Tampilkan Karya Mahasiswa Terbaik

Kaprodi Arsitektur ITN Malang, Ir. Suryo Tri Harjanto, MT (baju biru) Menerima Penghargaan Sebagai Universitas Pendukung dari Panitia Decorintex 2019, Rabu (21/8/19). (Foto: Yanuar/Humas)


 

Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang turut ambil bagian dalam pameran Decoration Interior Expo (Decorintex) 2019, di Grand City Surabaya pada 21-25 Agustus 2019. Tahun ini merupakan tahun kedua ITN Malang mengikuti ajang pameran yang sama. Kampus Biru membawa karya terbaik mahasiswa Arsitektur S-1, berupa maket, 3D animasi, sculpture, dan sketsa. Karya yang ditampilkan merupakan tugas mahasiswa angkatan 15 sampai angkatan 18.

Sebagai kampus yang memiliki Program Studi Arsitektur, keikutsertaan ITN Malang dalam Decorintex 2019 mendapat apresiasi sebagai universitas pendukung dari acara yang gelar oleh PT Debindo.

“Kami sangat senang diundang untuk kedua kalinya. Membuktikan Arsitektur ITN Malang sudah dikenal khalayak luas. Melihat peserta yang bisa mengikuti expo kali ini adalah perusahaan atau industri, UMKM, asosiasi profesi, serta kampus bergengsi,” jelas Kaprodi Arsitektur ITN Malang, Ir. Suryo Tri Harjanto, MT, Rabu (21/8/19).

Keterlibatan mahasiswa mengikuti event di luar kampus ditanggapi positif oleh Alvyan. Mahasiswa Arsitektur semester tujuh ini sangat senang bisa langsung terlibat. Menurutnya, persiapan kali ini lebih bagus dibanding tahun sebelumnya. “Karya yang kami tampilkan sudah sangat bagus. Menurut saya sama bagusnya dengan hasil karya kampus lain yang ikut kegiatan ini,” ujarnya berharap tahun depan ITN Malang bisa menampilkan yang lebih baik lagi.

Pameran yang menargetkan 30 ribu pengunjung ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jawa Timur (Jatim), Dr. Mas Purnomo Hadi, M.M. Ia juga menyampaikan apresiasi atas pameran dekorasi interior yang disebut terbesar di Jawa Timur tersebut. Pasalnya event tahunan ini diikuti oleh UMKM dan perusahaan besar. Sehingga sangat cocok bagi para asosiasi untuk menjual produk yang dipromosikan.

 

Arch ITN Malang Tampilkan Karya Terbaik Mahasiswa Arsitek dalam Decoration Interior Expo 2019, di Grand City Surabaya. (Foto: Istimewa)
Arch ITN Malang Tampilkan Karya Terbaik Mahasiswa Arsitek dalam Decoration Interior Expo 2019, di Grand City Surabaya. (Foto: Istimewa)

 

“Kegiatan expo Decorintex adalah sebagai bagian dari semangat juang kita di ulang tahun Indoneaia yang ke-74,” ujar pria yang akrab disapa Purnomo ini. Purnomo juga berharap kegiatan Decorintex 2019 bisa bersinergi dengan kegiatan Gubernur Jawa Timur terhadap pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Decorintex 2019 merupakan ajang pameran yang lengkap, mencakup semua hal yang berkaitan dengan interior. Sehingga menurut Purnomo, pihak hotel dan pariwisata bisa berkolaborasi dengan para arsitek. Dengan begitu nantinya bisa menarik tamu/pengunjung lebih banyak.

“Nantinya pihak hotel dan pariwisata diharapkan bisa menyiapkan space untuk mempromosikan dan menjual produk dari UMKM maupun usaha besar. Seperti di bagian lobby atau bahkan bisa ditampilkan di televisi yang disiarkan di masing-masing kamar. Dengan begitu semua pihak bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah,” bebernya,

Ikut berkembangnya UMKM dan industri di Jawa Timur tentunya akan menyerap tenaga kerja, yang berdampak pada pengurangan kemiskinan. Wujud kepedulian yang bisa dilakukan lainnya menurut Purnomo adalah lewat peran arsitek.

“Para arsitek mungkin bisa ikut mendesain rumah layak huni untuk masyarakat miskin. Sementara para asosiasi bisa bersama-sama menggalakkan bedah rumah. Semua yang sama-sama kita lakukan sebagai wujud kepedulian terhadap Propinsi Jawa Timur,” tutupnya. (mer/humas)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023