Dukung Program MBKM, ITN Malang Gandeng Satukelas.com, Thunderlab, dan SMK Nahyada Global

Rektor ITN Malang, Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE menandatangani nota kesepahaman bersama dengan PT Satukelas Adhyapana Nusantara (Satukelas.com), PT Thunderlab Indonesia, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahyada Global, Kabupaten Malang secara daring, Kamis (19/5/2022). (Foto: Tangkapan layar zoom meeting)


Malang, ITN.AC.ID – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang baru-baru ini secara bersamaan menjalin Memorandum of Understanding (MoU) dengan tiga institusi sekaligus. Yakni, PT Satukelas Adhyapana Nusantara (Satukelas.com), PT Thunderlab Indonesia, dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Nahyada Global, Kabupaten Malang. MoU dilakukan secara daring melalui zoom meeting, Kamis (19/5/2022).

Rektor ITN Malang, Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE menyambut baik penandatanganan nota kesepahaman bersama tersebut. Pasalnya, lingkup kerjasama secara umum merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi. Mencakup pengajaran, penelitian, pelatihan atau workshop, serta peningkatan kapasitas SDM di kedua belah pihak.

“Tentu kami sangat senang sekali bisa membangun jaringan untuk menjalankan program-program kami ke depan. Kami berharap, dengan adanya kerja sama ini tidak hanya sekedar kita menandatangani MoU di atas kertas. Tetapi, yang lebih penting bagaimana implementasi dari MoU yang kita laksanakan,” kata Prof Lomi akrab disapa.

Apalagi dengan adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dimana kampus harus memberikan kesempatan mahasiswa magang di luar kampus. Program pemerintah ini menuntut kampus harus memiliki mitra atau partner. Program magang, mahasiswa akan mendapatkan ekuivalensi SKS maksimal 20 SKS. 

“Sehingga sasaran mitra kami betul-betul mitra yang akan mendukung, dan akan memberikan suatu nilai tambah kompetensi terhadap para mahasiswa yang melakukan magang,” imbuh Prof Lomi.

Baca juga : Dukung Kesuksesan SMK PK Teknik EBT, SMK Negeri 5 Kupang NTT Gandeng ITN Malang

Sementara, dengan SMK Nahyada Global, ITN Malang akan bekerja sama dalam program empat tahun dengan mengimplementasikan kebijakan vokasi. Namun, tidak menutup kemungkinan ITN Malang juga akan bekerja sama dalam bidang keahlian lain. Seperti teknik sipil, teknik informatika, maupun teknik kimia.

Rektor ITN Malang, Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE memperlihatkan draf MoU usai membubuhkan tandatangan. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)

“Tentu kerjasama ini bisa memberikan efek positif untuk kita semua. Kami juga berharap kerjasama tidak hanya dengan prodi, tapi juga dengan unit-unit yang ada di ITN Malang,” tutupnya.

PT Satukelas yang merupakan perusahaan di bidang teknologi siap menyediakan fasilitas belajar untuk profesional. Mengembangkan teknologi, membantu user mempelajari konsep belajar, monitoring, hingga proctoring dengan mudah dan akurat.

Satukelas.com juga telah menyesuaikan pembelajaran sesuai personal life. Karena setiap individu mempunyai gaya, dan cara belajar yang berbeda-beda.

“Saya harap kerjasama ini bisa ada impact-nya, dan relevan terhadap kontekstual di tempat kita masing-masing,” ujar Direktur PT Satukelas Adhyapana Nusantara (Satukelas.com), Kenzo Alif Adhisatrio, BA (Hons).

Baca juga : Kolaborasi Teknologi dan Kesehatan, ITN Malang Teken Mou dengan IIK Bhakta Kediri

Sementara itu Kepala SMK Nahyada Global, Dr. Elfi Sukaisih, Dra., MA.B., MM, memiliki keinginan kuat kedua institusi dapat bersinergi. Mengingat SMK Nahyada Global memiliki Program Studi Teknik Kimia, dan berharap bisa menjalin kerjasama dengan Prodi Teknik Kimia ITN Malang. 

“Harapannya, kami bisa berkembang dengan baik menjadi mitra bagi ITN Malang. Kami semakin solid untuk mengembangkan siswa didik kami untuk masuk ke dunia kerja,” tandas Elfi. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

image_pdfimage_print