Back

Bertandang ke Teknik Informatika ITN Malang, SMKN 1 Kupang Ungkapkan Keinginan Kerjasama

Wakil Dekan 3 FTI, ITN Malang Drs. Sumanto, M.Si, Kaprodi Teknik Informatika S-1, ITN Malang, Suryo Adi Wibowo, ST, MT, dan Isai Godlif Munah, S.Pd, guru SMKN 1 Kupang. (Foto: Mita/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – SMK Negeri 1 Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) berkunjung ke Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Rombongan yang terdiri dari satu guru, dan lima murid kelas 12 SMKN 1 Kupang diterima oleh Prodi Teknik Informatika S-1, ITN Malang, di Ruang Inherent, kampus 2 Selasa (27/9/2022). Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan 3 FTI, ITN Malang Drs. Sumanto, M.Si.

Kaprodi Teknik Informatika S-1, ITN Malang, Suryo Adi Wibowo, ST, MT menjelaskan, kunjungan SMKN 1 Kupang ke ITN Malang dalam rangka penjajakan kerjasama. “Ada pembicaraan kerjasama. Ada beberapa poin yang disampaikan oleh perwakilan SMKN 1 Kupang. Pada prinsipnya kami sangat terbuka,” ujar Suryo.

Baca juga : Kabar Baik! Dukung Program Fast Track, Kuliah di ITN Malang Bisa Lulus 3,5 Tahun

Prodi Teknik Informatika selalu terbuka dalam hal menjalin kerjasama. Suryo berharap institusi menindaklanjuti harapan SMKN 1 Kupang. Apalagi, dengan adanya presentasi dari Kepala LPMB ITN Malang, Sudiro, ST, MT, mengenai kerjasama penerimaan mahasiswa baru. Ada beberapa poin yang disampaikan, salah satunya siswa SMKN 1 Kupang yang mendapatkan ke ITN Malang akan mendapat potongan harga (sebagai mitra sekolah), bisa mengikuti program KIP kuliah, dan lain sebagainya. Serta, program fast track sehingga siswa bisa lulus kuliah dengan waktu 3,5 tahun.

Teknik Informatika S-1 ITN Malang menerima kunjungan SMKN 1 Kupang, NTT. (Foto: Mita/Humas ITN Malang)

“ITN Malang sudah menjalin MoU dengan beberapa SMK (program fast track). Nanti yang mengambil sekolah 4 tahun kegiatan magangnya bisa dikonversikan ke beberapa mata kuliah,” imbuh Suryo. Selain itu Teknik Informatika juga siap memfasilitasi kegiatan pelatihan bagi guru di ITN Malang maupun mengirimkan dosen ke Kupang.

Sementara itu Isai Godlif Munah, S.Pd, guru TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) SMKN 1 Kupang menyatakan rasa syukurnya bisa berkunjung ke kampus 2 ITN Malang. Selain tujuannya bersilaturahmi, ia juga menyampaikan keinginan pihak sekolah untuk kedepannya bisa menjalin kerjasama dengan Kampus Biru.

Baca juga : Jemput Bola, ITN Malang Goes to Nusa Tenggara Timur Bagi-bagi Beasiswa

“Kami kesini membawa pesan kerjasama. Nanti mekanismenya bisa diatur, dan akan ditindaklanjuti oleh kepala sekolah dan wakil kepala sekolah,” kata guru kelas 12 ini.

Menurut Isai, rencana kerjasama yang diharapkan seperti mengirim siswa magang, rencana sinkronisasi kurikulum antara sekolah dengan kampus, serta magang guru. “Selain magang siswa harapan kami juga ada magang guru. Nanti, guru-guru bisa datang ke ITN Malang, atau narasumber dari ITN yang ke SMKN 1 Kupang,” jelasnya. (Mita Erminasari/humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023