Back

SMK Ma’arif NU Ciamis dan SMA Nusantara Ciamis Mengenal Lebih Dekat Dunia Perkuliahan di ITN Malang

ITN Malang menerima kunjungan industri SMK Ma’arif NU Ciamis, dan SMA Nusantara Ciamis, di Kampus 2 ITN Malang, (22/12/2022). (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menerima kunjungan industri SMK Ma’arif NU Ciamis dan SMA Nusantara Ciamis, di Ruang Amphi Mesin Lt 2, Kampus 2 ITN Malang (22/12/2022).

Rombongan berjumlah 85 siswa dan beberapa guru ini diterima oleh Wakil Dekan 3 FTI ITN Malang Drs. Sumanto, M.Si, Kepala Lembaga Penerimaan Mahasiswa Baru (LPMB) Sudiro, ST MT, dan beberapa kaprodi di lingkungan Fakultas Teknik Industri (FTI) ITN Malang.

Kepala SMK Ma’arif NU Ciamis Dr. Maftuh Salam Chowas, M.Pd mengatakan, silaturahmi ini akan menjadi berkah bagi SMK Ma’arif NU Ciamis, SMA Nusantara Ciamis, dan ITN Malang.

“Kami ingin mengenalkan masa depan dari dunia perkuliahan kepada anak didik. Agar mereka tidak sekedar membayangkan, tapi bisa melihat secara langsung. Alhamdulillah kami tidak salah berkunjung. ITN Malang komplet,” ujar Maftuh.

Baca Juga : Update Teknologi, FTSP Terima Kunjungan SMK Negeri 2 Yogyakarta

Kedatangan rombongan SMK Ma’arif NU Ciamis ke Kampus 2 ITN Malang membawa siswa dari program keahlian teknik komputer dan jaringan, multimedia, perbankan syariah, teknik dan bisnis sepeda motor, dan teknik kendaraan ringan dan otomotif.

Program keahlian ini hampir seluruhnya dimiliki oleh FTI ITN Malang. “Terima kasih kami telah diterima dengan baik. Semoga setelah anak-anak kami melihat jurusan di teknik ITN Malang mereka akan mendapat inspirasi ketika kelak akan melanjutkan kuliah,” lanjutnya.

Beberapa siswa SMK Ma’arif NU Ciamis mengunjungi Laboratorium Material Teknik Mesin S-1 ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)

Wakil Dekan 3 FTI, ITN Malang Drs. Sumanto, M.Si, menyambut hangat rombongan. Sumanto menjelaskan, ITN Malang saat ini juga menjadi perguruan tinggi Pelaksana Pendampingan Program Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan.

“Sebagai pendamping SMK PK ITN Malang juga mendukung program fast track. Khusus SMK yang mempunyai program 4 tahun. Sudah ada beberapa SMK yang telah bekerjasama dengan ITN Malang,” tuturnya.

Sementara Kepala LPMB, Sudiro, ST MT menjelaskan, alumni ITN Malang sudah tersebar di berbagai daerah. Seperti alumni teknik kimia saat ini ada yang bekerja, dan mengajar di beberapa perguruan tinggi. Bahkan ada yang menyandang gelar profesor.

Meskipun kampus teknik, namun ITN Malang menerima siswa lulusan dari berbagai jurusan atau beda jalur. “Jangan khawatir. Kami juga menerima lulusan dari jurusan IPS. Nanti ketika masuk mereka akan dibekali materi matrikulasi,” Sudiro meyakinkan.

Baca Juga : Kabar Baik! Dukung Program Fast Track, Kuliah di ITN Malang Bisa Lulus 3,5 Tahun

Matrikulasi adalah program penyetaraan ilmu. Agar terpenuhi kompetensi mahasiswa terhadap substansi dan pengalaman belajar dari kurikulum yang berbeda, akibat dari sekolah/jurusan yang berbeda.

Selama mengunjungi ITN Malang, para siswa juga diberi kesempatan mengunjungi laboratorium sesuai program keahlian. Seperti ke laboratorium teknik mesin, laboratorium komputer dan jaringan, mengunjungi prodi bisnis digital, dan lain sebagainya. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023