Back

Nekat Latihan Semalam, Mahasiswa ITN Malang Juara 3 Selekda ASEAN Skills Competition (ASC) XIII 2019

Galih Aminullah (kiri) dan Agung Darmawan (kanan) usai mendapatkan juara 3 Selekda ASEAN Skills Competition (ASC) XIII 2019. (Foto: Istimewa)


 

Adalah Agung Darmawan (programer) dan Galih Aminullah (mekanik). Mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang ini menyabet juara tiga dalam Seleksi Daerah ASEAN Skills Competition (ASC) XIII tahun 2019. Mahasiswa Teknik Elektro S-1 ini menjadi juara pada bidang mobile robotics yang diselenggarakan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada 23-26 April 2019 yang lalu.

Dua mahasiswa asal Malang Selatan tersebut tergolong nekat. Pasalnya hanya persiapan satu malam untuk mengikuti kompetisi ini. Apalagi robot yang digunakan bukan milik sendiri melainkan milik PENS. Mobile Robotic atau Robotino dari FESTO Didactic ini merupakan peralatan canggih buatan Jerman dengan harga mencapai Rp 170 juta rupiah.

“Kami hampir tidak ada latihan sama sekali. Padahal pada kompetisi ini mengharuskan kami memprogram robot. Jadilah kami memprogram dengan waktu 1 jam, trial 3×15 menit, dan test 8 menit. Sejujurnya kami kurang paham tentang karakteristik robot tersebut, karena ini bukan robot kami. Sehingga dalam kompetisi kami mengalami kesulitan saat membuat program dan trial,” ujar Agung Darmawan kepada Humas ITN Malang, saat ditemui pada acara Open House ITN Malang 2019, Sabtu (27/4/19).

Menurut mahasiswa semester 4 ini, mereka harus memprogram robot untuk menyelesaikan proyek-proyek yang telah ditentukan oleh juri, seperti memindahkan barang. “Kemarin kami diharuskan menyelesaikan proyek berupa mencocokkan code marker di port dan code marker di target,” imbuhnya.
Ketika robot yang berbentuk bulat ini berhasil mengenali code marker di port kemudian bergerak lagi menuju target yang memiliki code marker yang serupa maka misi dinyatakan berhasil. Tapi sayangnya perjuangan tim ITN Malang belum bisa menyelesaikan misi tersebut. Meskipun begitu robot yang mereka jalankan mampu mengumpulkan poin dari tes proyek tersebut.

 

Seluruh peserta Selekda ASC XIII 2019 mengabadikan moment dengan berfoto bersama. (Foto: Istimewa)
Seluruh peserta Selekda ASC XIII 2019 mengabadikan moment dengan berfoto bersama. (Foto: Istimewa)

 

Ada lima tim yang mengikuti Seleksi Daerah ASC XIII, yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur. Dari PENS menurunkan 2 tim, sedangkan dari Malang ada 3 tim, yakni ITN Malang satu tim, dan Universitas Merdeka Malang 2 tim. Terbatasnya peserta pada kategori mobil robotics karena memang tidak semua universitas memiliki Robotino. Bagi peserta yang menang Seleksi Daerah ASC XII sekarang tinggal menunggu pengumuman lolos tidaknya mengikuti Seleksi Nasional calon Kompetitor ASC XIII, hingga ASEAN.
“Harapannya di ITN ada tim robot yang bisa ikut seleksi tiap tahun, karena mengingat SDM mahasiswa ITN tidak kalah dengan universitas yang lain,” Galih menambahkan. (me/humas)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023