Back

Filosofi Dibalik Indah dan Megahnya Monumental Gate ITN Malang

Monumental Gate Kampus 2 ITN Malang bergaya futuristik, dan modern, berdiri megah dengan penuh flosofi mengantarkan civitas akademika ITN Malang menuju kesuksesan. (Foto: Yanuar/humas)


 

Bila kita melakukan perjalanan ke Kota Batu dari arah exit tol Mapan (Malang-Pandaan), atau arah sebaliknya (masuk Mapan), kita akan melewati kampus 2 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Berada di sebelah selatan jalan, kita akan terpesona dengan Monumental Gate Kampus 2 ITN Malang yang indah dan megah.

Memiliki desain futuristik, Monumental Gate Kampus 2 ITN Malang diresmikan oleh Bupati Malang, Drs. HM Sanusi, MM, pada Kamis (17/10/19). Uniknya saat masuk gate yang berada di Jalan Raya Karanglo KM 2 Malang ini, kita akan melewati rangkaian baja berbentuk seperti ombak di lautan.

Dilengkapi dengan empat pilar baja berbentuk layar segitiga berwarna cerah, merah, kuning dan biru, dengan dasar putih. Ini merupakan simbol bahwa kampus ITN Malang ibarat perahu yang mengantarkan civitas akademika untuk mengarungi laut kesuksesan.

 

Bupati Malang, Drs. HM Sanusi, MM, didampingi Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT, meninjau lantai tiga gedung Monumental Gate ITN Malang, Kamis (17/10/19). (Foto: Yanuar/humas)
Bupati Malang, Drs. HM Sanusi, MM, didampingi Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT, meninjau lantai tiga gedung Monumental Gate ITN Malang, Kamis (17/10/19). (Foto: Yanuar/humas)

 

Rektor ITN Malang, Dr.Ir. Kustamar, MT menjelaskan filosofi Monumental Gate ITN Malang karya civitas akademika yang dibangun sejak Mei 2019 yang lalu, Kamis (17/10/19).

“Empat pilar yang tertancap megah menjadi simbol bahwa ITN Malang selalu berpedoman kepada empat pilar bangsa, yakni Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Layar berkembang sekaligus mengantarkan ITN melaju dan berprestasi ke tingkat dunia,” ujar Kustamar.

Menurut rektor, untuk melengkapi Bhinneka Tunggal Ika, maka di ITN Malang sedang mengembangkan Forum Pelangi Nasional. Ada empat bidang cakupan yaitu, kerukunan antar umat beragama, pengembangan budaya nusantara, cinta alam, dan cinta NKRI dengan melibatkan pejabat militer.

Baca juga: Filosofi Tersembunyi dari Mobil Hias Robot Ganesha ITN Malang

Sementara segitiga yang berwarna putih, merah, kuning dan biru mengartikan ITN Malang menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kami menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk menuju kesuksesan. Untuk pilihan warna sendiri seperti merah berarti berani, putih suci, biru keagungan, dan kuning semangat,” imbuh rektor

Sementara sebelah kiri gate berdiri kokoh bangunan berdinding kaca tiga lantai serta ruang kantor di sebelah kanan gate. Nantinya bangunan tiga lantai tersebut akan dimanfaatkan sebagai ruang pameran.

“Bangunan kaca ini juga ada artinya. Menyimbolkan transparansi. Bahwa tidak ada yang disembunyikan di ITN Malang. Kami tulus dalam mengajar demi kemajuan bangsa,” pungkas ahli pengairan ini. (me/humas)

Baca juga: ITN Malang Gagas Kampung Culinary Heritage sebagai Icon Baru Kota Malang

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023