Back

HMJ ITN Malang Peduli Korban Banjir Bandang NTT dan NTB

Mahasiswa ITN Malang sedang mengemas bantuan donasi berupa barang untuk banjir bandang NTT-NTB dan siap dikirim ke Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang. (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang bersatu dalam aksi HMJ ITN Malang Peduli. Sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian kepada korban banjir bandang yang melanda sejumlah wilayah NTT dan NTB pada Minggu (04/04/2021) yang lalu. HMJ dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI) menggalang donasi secara online lewat media sosial.

“Kegiatan ini sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian kami mahasiswa FTSP dan FTI kepada saudara-saudara kita di NTT dan NTB. Dengan aksi ini juga kami (sesama mahasiswa) bisa mempererat tali kekeluargaan ketika jarang bertemu karena pandemi,” ujar Al Aziz Nur Muhammad, Ketua Himpunan Mahasiswa Arsitektur (HMA) saat dihubungi lewat sambungan WhatsApp, Senin (19/04/2021).

Muhammad Rafi Fahrizi (tiga dari kiri) bersama perwakilan HMJ ITN Malang menyerahkan donasi bantuan ke Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang, Sabtu (17/04/2021). (Foto: Istimewa)
Muhammad Rafi Fahrizi (tiga dari kiri) bersama perwakilan HMJ ITN Malang menyerahkan donasi bantuan ke Aksi Cepat Tanggap (ACT) Malang, Sabtu (17/04/2021). (Foto: Istimewa)

Dari penggalangan dana yang berlangsung mulai Jumat-Sabtu (9-17/04/2021) tersebut berhasil terkumpul bantuan berbentuk uang tunai dan barang. “Bantuan kami serahkan dua kali (16 dan 17 April 2021) lewat ACT (Aksi Cepat Tanggap) Malang. Ada uang dan barang seperti pakaian layak pakai, selimut dan lain-lain. Semoga dengan ini (bantuan) saudara kita di sana bisa teringankan bebannya,” harap Aziz.

Berhubung masih dalam masa pandemi Covid-19 dimana aktifitas di dalam kampus masih dalam pembatasan, maka pengumpulan donasi barang dilakukan di rumah kos Muhammad Rafi Fahrizi, Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro Industri (HMTEI) D3 ITN Malang.

Baca juga: Banjir Bandang NTT dan NTB Direspon Cepat oleh Himpunan Mahasiswa Geodesi

“Untuk bantuan berupa barang dikumpulkan di kosan saya dekat kampus 1 (ITN Malang) sebagai posko. Kalau yang berupa uang langsung ditranfer ke rekening ACT, karena penggalangan dananya lewat tranfer antar rekening,” tambah Rafi akrab disapa saat dihubungi lewat WhatsApp dihari yang sama.

Ada sembilan prodi yang bergabung dalam aksi HMJ ITN Malang Peduli. Yakni, Teknik Kimia (HMTK), Teknik Elektro Industri D3 (HMTEI), Teknik Elektro S-1 (HME), Teknik Industri S-1 (HMTI), Teknik Sipil (HMS), Arsitektur (HMA), Teknik Geodesi (HMG), Teknik Informatika (HATI), dan Perencanaan Wilayah dan Kota (HMPWK).

Baca juga:  Mahasiswa Elektro Industri Galang Dana Lewat Medsos untuk Sulbar dan Kalsel

Alhamdulillah antusiasme donatur tinggi untuk saling membantu. Teman-teman juga bersemangat, meski tidak semua himpunan bisa ikut, karena mereka kebanyakan sekarang berada di daerah masing-masing. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban saudara kita yang terkena dampak bencana alam. Dan juga lebih mempererat tali kekeluargaan antar himpunan di kampus,” tandas Aziz. (mer/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023