Back

Ratusan Siswa SMK Negeri 6 Malang Kunjungi ITN Malang

Akrab. Wakil Rektor III ITN Malang, Ir Fourry Handoko ST, SS, MT, Ph.D, IPU, (kiri) bersama Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Malang, Drs. Sidik Priyono (batik merah) saat kegiatan kunjungan SMK Negeri 6 Malang ke kampus 1 ITN Malang. (Foto: Yanuar Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Kampus 1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang terlihat berbeda. Sebanyak 200 lebih pelajar berpakaian pramuka memadati aula kampus 1 ITN Malang. Mereka adalah pelajar SMK Negeri 6 Malang kelas 12, dan kelas 13, yang sedang mengikuti kegiatan Pengenalan Dudika dan Kunjungan Industri (PDKI), Bidang Dikti Keteknikan dan Vokasi Siswa, Pra PKL, pada akhir bulan Juli 2022 lalu. Kunjungan pelajar ini pun dilaksanakan selama dua hari, di kampus 1, dan di kampus 2 ITN Malang.

Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Malang, Drs. Sidik Priyono mengatakan, dengan pengenalan dudika dan kunjungan industri ke ITN Malang diharapkan siswa akan mendapatkan tambahan ilmu sesuai bidang profesinya. Kunjungan industri mulai tahun ini juga mengenalkan dudika pada perguruan tinggi, dan industri. Sehingga, ketika siswa lulus sekolah sudah memiliki gambaran akan melanjutkan studi, atau memutuskan untuk bekerja.

Baca juga : Program Link and Match, ITN Malang digandeng SMK Negeri 6 Malang

Apalagi ITN Malang dan SMK Negeri 6 Malang sudah menjalin kerjasama sejak April 2021 silam. Kesepakatan MoU mencakup 4 hal, yakni support ITN Malang terhadap program pendidikan 4 tahun di SMK, sehingga siswa tidak perlu mengulang materi yang sama saat meneruskan kuliah, matrikulasi dari SKS yang sudah ditempuh di SMK, pengabdian masyarakat, serta kegiatan praktek kerja lapangan (PKL).

“Dalam kegiatan ini anak-anak mengunjungi masing-masing prodi. Mungkin ada alat yang tidak dimiliki oleh SMK, tapi dimiliki oleh ITN Malang. Jadi, anak-anak bisa menambah pengalaman di sini,” ujar Sidik saat memberikan sambutan.

Kunjungan SMK Negeri 6 Malang ke kampus 2 ITN Malang diterima di Ruang Amphi Teknik Mesin. (Foto: Yanuar Humas ITN Malang)

Sidik juga berharap, sesuai dengan MoU ketika siswa melanjutkan kuliah ke ITN Malang bisa mendapatkan fasilitas, seperti potongan (DPP). “ITN Malang semoga bisa memberikan yang terbaik untuk anak-anak kami. Khususnya untuk anak-anak kelas 13 seandainya melanjutkan (kuliah) bisa diakui 1 semester (atau) 24 SKS. Sehingga kuliah yang seharusnya ditempuh empat tahun bisa selesai hanya 3,5 tahun,” lanjutnya.

Kunjungan ke prodi kampus 1, dan kampus 2 ITN Malang tujuannya untuk memfasilitasi kebutuhan siswa SMK N 6 Malang pada masing-masing jurusan. Seperti, jurusan desain pemodelan dan informasi bangunan (DPIB, dulu teknik gambar bangunan), serta konstruksi jalan, irigasi, dan jembatan (KJIJ) mengunjungi teknik sipil. Jurusan sistem informasi, jaringan, dan aplikasi (SIJA) mengunjungi teknik industri. Jurusan teknik pemesinan (TPM) mengunjungi teknik mesin S-1, dan teknik mesin D-3. Namun semua peserta tetap diberi kesempatan mengunjungi semua prodi baik di kampus 1, dan kampus 2 ITN Malang.

Sementara itu Wakil Dekan III Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITN Malang, Dr Hardianto, ST MT, mengatakan, dengan kunjungan ke ITN Malang siswa jadi mengetahui kehidupan di kampus, dan lebih siap masuk ke perguruan tinggi. “Oleh prodi juga sudah dijelaskan peluang-peluang jurusan apa yang berpotensi bagi mereka sesuai dengan bidang masing-masing. Sehingga, siswa tidak bingung saat memutuskan untuk bergabung ke ITN Malang,” kata Hardianto.

Baca juga : Kenalkan Budaya Smart Society Siswa SMA Nasional Kunjungi Fakultas Teknik Industri ITN Malang

Antusiasme ditunjukkan oleh ratusan siswa SMK N 6 Malang saat berkunjung ke prodi. Salah satunya Muhammad Irgi Hakim, pelajar kelas 13. Irgi akrab disapa merasa mendapatkan informasi tentang prodi di ITN Malang secara baik. Hal ini dapat menambah pengetahuan lebih tentang ITN Malang. Sehingga bisa menjadi bahan rekomendasi saat nanti memutuskan untuk melanjutkan kuliah.

“Saya masih kelas 13 jadi belum lulus, karena mengambil empat tahun. Tahun ini masih magang 10 bulan. Tahun depan baru lulus. Untuk acaranya sendiri seru. Besok insya allah juga ikut ke kampus 2. Soalnya saya jurusan sistem jaringan informasi,” kata Irgi yang merasa senang bisa mendapatkan doorprize dari panitia penerimaan mahasiswa baru (PMB) ITN Malang. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023