Back

Lea Mahdarina, Anggota DPRD Kota Malang Raih Gelar Magister Teknik di ITN Malang

Lea Mahdarina, Anggota DPRD Kota Malang dikukuhkan sebagai wisudawan Teknik Sipil Manajemen Konstruksi S-2, ITN Malang, pada wisuda ke 68 tahun 2022. (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Wisuda Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang ke-68 tahun 2022 lalu ternyata turut mewisuda Lea Mahdarina. Lea merupakan anggota DPRD Kota Malang dari Komisi C yang membidangi pembangunan.

Disela-sela kesibukannya sebagai wakil rakyat, Lea masih menyempatkan diri kuliah di Magister Teknik Sipil ITN Malang. Ia mengambil program Magister Manajemen Konstruksi untuk mendukung tugasnya sebagai anggota dewan. Yakni pengawasan, legislasi, dan penganggaran.

Alumnus S-1 Teknik Sipil ITN Malang ’94 ini mengangkat tesis dengan judul ‘Analisis Kriteria Bangunan Hijau Berdasarkan Greenship New Building Versi 1.2 Pada Gedung Malang Creative Center (MCC) di Kota Malang’.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengkaji 6 variabel yang menjadi indikator green building, yakni tepat guna lahan, efisiensi dan konservasi energi, konservasi air, sumber dan siklus material, kesehatan dan kenyamanan dalam ruang, manajemen lingkungan bangunan.

Baca juga : Peringati HUT RI ke-77, Tim Geodesi ITN Malang Sukses Selesaikan Peta Batas Wilayah Kelurahan se-Kabupaten Lamongan

Sebagai bangunan publik yang memiliki fungsi vital, gedung MCC memerlukan pengkajian dan masukan yang tepat dari tenaga ahli green building agar bisa memenuhi kriteria greenship rating tools. Hasil penelitian ini termasuk menjadi salah satu bahan evaluasi dan pertimbangan untuk meningkatkan kualifikasi bangunan Malang Creative Center.

Senyum sumringah, Lea Mahdarina, Anggota DPRD Kota Malang resmi menyandang gelar magister teknik dari ITN Malang. (Foto: Istimewa)

“Alhmandulillah, mengisi waktu dengan melanjutkan kuliah pascasarjana di almamater sendiri, ITN Malang. Bisa menambah kapasitas diri,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Pilihannya melanjutkan studi S-2 di ITN Malang didasari oleh keyakinan Lea terhadap kualitas almamaternya. Ia paham tentang sistem pendidikan yang diterapkan. Juga kemampuan dosen yang tak perlu diragukan lagi.

Menurut Lea, dosen Pascasarjana ITN Malang fleksibel dalam memberi waktu bimbingan ketika proses pembuatan tesis. Ini sangat membantu dirinya saat menyelesaikan tesis di tengah padatnya  bertugas sebagai anggota DPRD Kota Malang. Sehingga ia dapat menyelesaikan kuliah pascasarjana tepat waktu.

Baca juga : Pak Katino, Mie Ayam dan Kursi Dewan

“Sistem pendidikannya sangat bagus. Mengutamakan mutu. Begitu juga perhatian dan motivasi Direktur Pascasarjana ITN Malang Prof Lalu Mulyadi, dosen pengajar, serta dosen pembimbing. Sehingga kami termotivasi terus belajar dan menyelesaikan kuliah,” jelasnya. Dalam tesisnya Lea dibimbing oleh Prof Dr Ir Sutanto Hidayat, MT, dan Ir Maranatha Wijayaningtyas, ST MMT PhD IPU. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

image_pdfimage_print
id_IDIndonesian