Back

Anindya Aulia Rachmandari jadi Duta Favorit Duta Anti Narkoba Kota Malang 2023

Anindya Aulia Rachmandari mahasiswa PWK ITN Malang menyabet Juara Favorit Duta Anti Narkoba Kota Malang 2023. (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – Anindya Aulia Rachmandari mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menyabet Juara Favorit Duta Anti Narkoba Kota Malang 2023 yang diadakan oleh BNN Kota Malang. Mahasiswa Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) angkatan 2022 ini masuk top 10 pasang finalis dalam Grand Final Duta Anti Narkoba 2023 yang diselenggarakan di Studio UBTV, Sabtu malam (04/2/2023).

Menyabet predikat Duta Favorit menjadi kebanggan tersendiri bagi Aulia sapaan akrab Anindya Aulia Rachmandari. Juara favorit diambil berdasarkan vote tertinggi pilihan warganet (netizen). “Saya merasa harus bisa mengemban amanah ini dengan sebaik mungkin, agar tidak mengecewakan mereka yang telah mendukung saya sampai meraih juara favorit,” ujar Aulia saat dihubungi lewat sambungan whatsapp, Kamis (09/2/2023).

Keinginannya untuk menjadi duta anti narkoba berawal dari peran serta Aulia sebagai Penggiat Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) BNN Kota Malang. Ia bergabung dengan Volunteer Penggiat P4GN mulai Oktober 2022 lalu. Disini ia mendapat banyak sekali ilmu, new experience, teman, dan pelatihan.

Baca juga : Mahasiswi PWK ITN Malang Raih Top 5 Miss Cyber Mall Malang 2022

“Saya sebagai penggiat P4GN alangkah lebih baik jika saya juga bisa menjadi seorang duta. Dengan begitu saya dapat memberikan ilmu dan wawasan saya seputar narkoba lebih luas kepada masyarakat umum khususnya generasi muda,” terangnya.

Anindya Aulia Rachmandari mendapat dukungan dari teman satu kelasnya di PWK ITN Malang. (Foto: Istimewa)

Ajang yang terbuka untuk umum usia 17-22 tahun ini diikuti sekitar 185 peserta. Pada babak semifinalis diambil 40 peserta (20 pasang). Kemudian disaring lagi menjadi 10 pasang finalis yang kemudian menjadi bagian dari Paguyuban Duta Anti Narkoba (DAN) Kota Malang. Para finalis kemudian menjalani rangkaian karantina selama sebulan dengan mengikuti berbagai kegiatan. Seperti mendapat wawasan dan materi seputar narkoba, public speaking, bahasa inggris, berlatih koreo opening dance, dan beauty class.

“Kemarin waktu membuat video konten saya dibantu oleh kakak-kakak dari Himpunan Mahasiswa PWK dan teman-teman sekelas di ITN Malang. Mereka juga hadir dan mendukung saya saat acara grand final. Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, memilih, dan mempercayai saya,” ungkap peraih Top 5 Miss Cyber Mall Malang 2022 ini.

Menurut Aulia, ajang duta anti narkoba membawa kesan tersendiri. Apalagi saat ia harus berlatih koreo opening dance dengan memakai high heels setinggi 12 cm. Pengalaman kali pertama ini membuatnya tertantang. Meskipun pada awalnya mengalami kesulitan, dengan berlatih keras pada akhirnya ia pun terbiasa memakai high heels 12 cm. Suka duka lainnya seperti drama terlambat, karena pak gojek yang nyasar, dan ia juga pernah hampir pingsan karena kecapean ketika tengah latihan.

Baca juga : Inovasi Program P4GN ITN Malang Terima Penghargaan Tokoh Penggiat Anti Narkoba

“Karena tuntutan, akhirnya saya berlatih sendiri di rumah. Berjalan-jalan di rumah dengan memakai high heels 12 cm. Ini menjadi pengalaman yang lucu yang tidak akan terlupakan. Tapi itu semua sebanding dengan pengalaman baru yang sangat berharga selama karantina, dengan kegiatan tiga kali seminggu. Serta bertemu teman-teman baru yang sudah seperti saudara sendiri,” bebernya. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

image_pdfimage_print
id_IDIndonesian