Back

Alumni Suntikkan Motivasi di Peringatan Hari Kartini Teknik Industri

Talkshow Kartini 2023 dihelat oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri S-1 ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Memeriahkan Dies Natalis ke-43, Prodi Teknik Industri S-1, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang menyelenggarakan acara Talkshow Kartini 2023. Bertempat di Gedung Industri lt 1 acara dihadiri oleh 100 lebih peserta dari mahasiswa ITN Malang, dosen, dan alumni Teknik Industri ITN Malang pada Sabtu, (08/4/2023).

Menghadirkan tiga narasumber perempuan hebat yang ahli dibidang masing-masing yakni, Ir. Diana Rosa, S.T. IPU., CMW., Dirut PT Industri Kapal Indonesia (Persero), Rina Lukiandari, S.T., M.T Senior Manager Engineering dan Manufacturing Innovation Adidas Philippines, dan Dr. Renny Septiari, S.T., M.T dosen Teknik Industri S-1 ITN Malang.

Bertajuk Membentuk Generasi Tangguh ITN Malang dengan Meneladani Semangat Kartini talkshow menjadi suntikan motivasi bagi generasi muda khususnya mahasiswa. Mengingat dies natalis Prodi Teknik Industri S-1 ITN Malang yang jatuh di bulan April berdekatan dengan Hari Kartini.

Baca juga : Kaji Gempa di Yunani Bawa Dosen Sipil ITN Malang Raih Doktor dari Taiwan

“Acara talkshow Kartini untuk memperingati Hari Kartini tanggal 21 April 2023. Kami menggabungkan acara ini menjadi Celebrate Industrial Anniversary yang merupakan acara ulang tahun teknik industri”, ungkap Ifan Ardiansah mahasiswa angkatan 2020 sekaligus ketua panitia.

Ifan Ardiansah Ketua Panitia Talkshow Kartini 2023, Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) ITN Malang. (Foto: Yanuar/Humas ITN Malang)

Acara digagas dengan melibatkan alumni teknik industri. Selain untuk untuk menyambung tali silaturahmi, diharapkan alumni yang telah sukses dapat memberikan suntikan motivasi dan bimbingan kepada mahasiswa. Acara inipun diapresiasi oleh Ir. Diana Rosa, S.T. IPU., CMW., Dirut PT Industri Kapal Indonesia (Persero).

“Kami mendapat undangan dari Prodi Teknik Industri bahwasannya akan menyelenggarakan talkshow dengan tema Hari Kartini. Mereka (prodi) berkeinginan membangkitkan generasi muda melalui semangat Kartini dengan menghadirkan alumni-alumni perempuan yang dipandang berhasil,” ungkap Diana yang sudah menyempatkan datang dari Sulawesi untuk menjadi pembicara.

Ditambahkan Rina Lukiandari, S.T., M.T, Senior Manager Engineering dan Manufacturing Innovation Adidas Philippines. Menurutnya, tugas untuk berdaya guna dan berdampak pada negeri tidak hanya ditujukan bagi kaum laki-laki. Namun, perempuan juga harus berkiprah. Perempuan punya daya tawar untuk bisa menjadi partner bagi kaum laki-laki di sektor industri. Tidak hanya sebagai tenaga kelas bawah, namun bisa menduduki posisi manajerial yang sebagian besar dipegang oleh kaum laki-laki.

Baca juga : Ratih Cahyaratri Pribadi Resmi Pimpin Rukun Ibu ITN Malang Empat Tahun Kedepan

“Dilihat dari sisi pekerja, hampir 100 persen perempuan bekerja di sektor pabrik. Pemeran utamanya tetap perempuan. Tapi untuk level yang lebih ke atas pada saat ini sayangnya masih banyak dipegang oleh laki-laki. Bukan saya bilang bahwa perempuan itu terkesampingkan karena posisi itu dipegang laki-laki, tapi bagaimana kita merangkul bahwa kesempatan itu ada bagi perempuan. Tinggal sebagai perempuan kita mau atau tidak (mengambil kesempatan),” terang Rina yang baru saja direlokasi dari Philipina ke Indonesia. (Rini Anjarwati/Humas ITN Malang)

    1 Comment

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023