Back

Demi Keamanan dan Ketertiban, Masjid Al Kautsar ITN Malang Dapat Bantuan CCTV

Takmir Masjid ITN Malang Bersama Owner JJ CCTV & IT Solution (empat dari kiri) dan Elizabeth Catur Yulia Sri Wahyuni, SH (paling kanan) saat survey persiapan pemasangan CCTV di Masjid Al Kautsar ITN Malang. (Foto: Mita/humas)


Malang, ITN.AC.ID – Masjid Al Kautsar Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mendapat bantuan CCTV dari JJ CCTV & IT Solution. Rencananya masjid yang berada di lingkungan kampus 2 ini akan diberi enam buah CCTV. Dua buah CCTV akan dipasang di dalam masjid dan empat buah akan dipasang di luar masjid. Survey lokasi dan menentukan titik pemasangan CCTV di Masjid Al Kautsar dilakukan pada Selasa (15/6/2021).

Owner JJ CCTV & IT Solution, Michael mengatakan, donasi CCTV memang kerap mereka berikan kepada tempat ibadah berbagai agama yang berada di Kota Malang. Bahkan Michael memiliki program memberikan CCTV kepada 10 tempat ibadah tiap tahunnya.

“Saya tidak memandang agama. Semua tempat ibadah yang membutuhkan CCTV akan kami beri secara gratis. Bahkan sampai maintenance akan tetap kami damping,” ujar Michael saat ditemui di masjid Al Kautsar, Kampus 2 ITN Malang.

Pemasangan CCTV untuk masjid tidak lepas dari proyek Michael memasang CCTV di Kapel St Thomas Aquinas yang juga berlokasi di lingkungan Kampus 2 ITN Malang. Ada 13 CCTV yang didonasikan Michael untuk Kapel St Thomas Aquinas.

Baca juga: ITN Malang dan Masjid Muhajirin Kembali Gelar Salat Idulfitri Bersama

“Manusia harus bisa menjadi berkat. Maka, pekerjaan yang saya jalani ini, semoga bisa menjadi berkat juga. Seperti subsidi silang lah. Kerja jangan hanya mencari keuntungan, tapi bagaimana pekerjaan itu bisa menjadi berkat,” imbuh owner yang memiliki outlet di Jalan Pahlawan, Balearjosari, Kec. Blimbing, Kota Malang ini.

Untuk memperlancar operasional CCTV maka Michael akan mentraining operator khusus dari ITN Malang. Mulai cara pengoperasian, hingga cara menanggulangi bila ada masalah di CCTV. “Biasanya kendala (pemasangan) CCTV adalah internet. Kalau di masjid bisa diusahakan internetnya bagus akan mempermudah dan memperlancar streaming CCTV. Saya berharap semoga pemasangan CCTV ini bisa membantu keamanan di masjid ITN,” tandasnya.

Dr. Ellysa Nursanti, ST, MT Dekan FTI sekaligus bendahara Masjid Al Kautsar ITN Malang memberi usul titik pemasangan CCTV masjid. Bersama Owner JJ CCTV & IT Solution, Michael (paling kiri) dan Ir. Choirul Soleh, MT takmir Masjid Al Kautsar (dua dari kiri). (Foto: Mita/humas)

Bantuan CCTV untuk masjid ini diapresiasi oleh Ir. Choirul Soleh, MT takmir Masjid Al Kautsar. Menurut Choirul, ia mendapat informasi tentang bantuan pemasangan CCTV dari pengelola kapel Elizabeth Catur Yulia Sri Wahyuni, SH. Awalnya Choirul tidak menduga kalau bantuan CCTV tersebut adalah gratis, tanpa tendensi apa-apa.

Bantuan CCTV yang notabene diterima dari lintas agama ini mengingatkan kembali akan komitmen Kampus Biru dalam Forum Komunikasi Kebangsaan “Pelangi Nasional” yang ingin menyatukan civitas akademika salah satunya dalam toleransi beragama.

Baca juga: Keberadaan Kapel St. Thomas Aquinas ITN Malang Dirindukan oleh Umat Malang Utara

“Awalnya saya terkejut saat mendapat informasi ini. Karena bantuan CCTV gratis tanpa membuat proposal dan tanpa embel-embel (persyaratan) apapun. Saya selaku perwakilan takmir masjid mengucapkan terimakasih dengan adanya bantuan ini,” ujar Choirul.

Dikatakan Choirul, setelah dilakukan survey bersama dengan Michael sebagai penyumbang, ternyata masih ada kendala dalam jaringan internet. Rencananya pihak takmir masjid akan berkoordinasi dengan bagian internet kampus, agar jaringan internet masjid bisa diperbaiki. Sehingga saat pemasangan pekan depan jaringan internet sudah siap.

“Kami berharap, dengan adanya CCTV akan bisa menambah keamanan dan ketertiban masjid. Sebenarnya masjid kampus tergolong aman. Hanya saja pernah sekali kejadian ada yang membakar sampah dan asapnya mengganggu ibadah di masjid. Dengan adanya CCTV akan bisa membantu dan memantau keamanan masjid dari segala hal yang tidak diinginkan,” tutupnya. (me/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023