Back

Kukuhkan 279 Wisudawan, ITN Malang Cetak Lulusan Kompeten

Pengukuhan wisudawan oleh Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D. (Foto: Humas ITN Malang)


Malang, ITN.AC.ID – Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang resmi mengukuhkan 279 wisudawan pada Wisuda ke-69 Periode I Tahun 2023. Bertempat di Kampus 2 ITN Malang, Jalan Raya Karanglo KM 2 Malang, wisuda dilaksanakan secara luring pada Sabtu, 18 Maret 2023.

Wisudawan yang dikukuhkan terdiri dari 24 wisudawan Program Pascasarjana S-2, 124 wisudawan Program S-1 Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), dan 131 Fakultas Teknologi Industri (FTI). Diantara lulusan tersebut 33 persen lulus dengan predikat pujian (cumlaude), dengan indeks prestasi diatas 3.50 dari skala 4.0. Dua diantaranya adalah wisudawan penerima Bidikmisi pemerintah dengan waktu tempuh 3,5 tahun.

Rektor ITN Malang Awan Uji Krismanto, ST., MT., Ph.D menyatakan, pihaknya akan memperkuat sinergi dengan pemerintah dan dunia industri. ITN Malang akan membaca peluang dan berkontribusi dalam mewujudkan infrastruktur yang berkualitas.

“Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun infrastruktur. Lulusan ITN tidak diragukan lagi. Kami berkontribusi mendukung pemerintah dengan menyalurkan lulusan-lulusan (SDM) yang kompeten,” tutur rektor.

Selama ini ITN Malang konsisten mencetak SDM yang berkualitas serta berkomitmen dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya yang dilakukan dengan melibatkan mahasiswa dalam peribadatan, kewirausahaan, serta manajerial dan kepemimpinan.

Baca juga : Pengurus Nasional IKA ITN Malang Dilantik, Ketua Umum Harapkan IKA ITN jadi Pusat Informasi Bagi Stakeholder

Dengan konsep pembelajaran multimedia, dipadukan dengan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), lulusan ITN Malang memiliki pengalaman dan kompetensi yang tidak saja mampu bersaing di dunia kerja tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan.

“Lingkungan belajar dan atmosfir akademik ITN Malang sangat kondusif dalam menyiapkan kompetensi lulusan yang siap kerja serta berjiwa entrepreneur, mampu melihat peluang, kreatif, adaptif serta resilient terhadap tantangan,” ujar rektor.

Ketua Pusat IKA ITN Malang, Ir Nyoman Sugiartha Ariantara, saat memberi motivasi pada wisuda ITN Malang ke-69 Periode I Tahun 2023. (Foto: Humas ITN Malang)

Untuk itu ITN Malang terus mengembangkan inovasi di bidang penelitian dan teknologi melalui Pusat Penelitian dan Inovasi (Research and Innovation Centre). Melalui pusat ini, hasil-hasil penelitian dan inovasi dosen dan mahasiswa tidak hanya berhenti dalam bentuk buku, HKI maupun artikel ilmiah tetapi juga siap untuk komersialisasi serta diimplementasikan di masyarakat.

Dalam sambutannya rektor berpesan kepada wisudawan untuk terus berjuang dan belajar sepanjang hayat. Selama di ITN Malang mereka telah diberikan bekal yang cukup berupa ilmu pengetahuan, kompetensi, dan soft skill. Ditambah komunikasi yang baik, keterampilan, dan kerjasama tim yang diperoleh mahasiswa baik dalam proses perkuliahan maupun dalam organisasi.

Rektor juga berpesan alumni untuk terus berinteraksi dalam meningkatkan komunikasi antar alumni, kampus, dan para dosen. “Selamat berkontribusi dan berkarya dalam masyarakat. Dan silakan bergabung dengan jaringan alumni, karena ITN Malang pasti membutuhkan kontribusi dari ikatan alumni. Mari bersama-sama memajukan ITN Malang,” tuntasnya.

Ketua IKA ITN Malang, Ir Nyoman Sugiartha Ariantara, mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan. Menurutnya, wisuda adalah awal untuk menapak masa depan. Begitu banyak lulusan ITN Malang yang berhasil, dan menduduki posisi-posisi strategis baik di perusahaan maupun di instansi pemerintah.

Baca juga : Ketua P2PUTN akan Wujudkan Kampus Terintegrasi, Kampus 1 Pindah ke Kampus 2

“Ada alumni ITN yang hari ini menjabat sebagai profesor, ada yang menduduki jabatan strategis. Banyak yang berhasil di perusahaan, dan sukses menjadi pengusaha,” kata Director Human Capital and Marketing, PT Jatim Taman Steel MFG ini.

Menurutnya wisuda menjadi sebuah momentum. Maka wisudawan harus bangga menjadi alumni ITN Malang, karena dari kampus ITN Malang telah lahir alumni-alumni hebat. “Mudah-mudahan apa yang kalian impikan bisa tercapai. Dan sama-sama bangga sebagai alumni ITN Malang,” katanya. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023