Back

Mahasiswa Teknik Elektro Tambah Wawasan EBT dan Otomasi Industri di Petrokimia Gresik

Mahasiswa Teknik Elektro S-1 ITN Malang kunjungan industri ke PT Petrokimia Gresik. (Foto: Istimewa)


Malang, ITN.AC.ID – PT Petrokimia Gresik menjadi jujukan Study Ekskursi (SE) Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro S-1, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang. Kunjungan industri awal Maret 2023 lalu melibatkan 40 peserta yang mayoritas angkatan 2020, dan 18 panitia.

“Studi ekskursi untuk mengenal dunia industri secara nyata, sekaligus membangun relasi antara industri dan program studi,” ujar Rizqi Cahyo M Putra, ketua pelaksana SE saat dihubungi lewat sambungan WhatsApp, Senin (13/3/2023).

PT Petrokimia Gresik merupakan produsen pupuk terlengkap di Indonesia yang memproduksi berbagai macam pupuk dan bahan kimia untuk solusi agroindustri. Berdiri di atas lahan 450 hektar PT Petrokimia Gresik berkomitmen mengoptimalkan penggunaan sumber energi ramah lingkungan.

Menurut Rizqi, Petrokimia Gresik memiliki pembangkit listrik sendiri dan memiliki beberapa pabrik, sehingga perusahaan tersebut sangat cocok untuk dikunjungi. Misalnya pabrik 1, 2, dan 3 yang dimiliki Petrokimia terhubung dengan conveyor dari pelabuhan. Hal ini sesuai dengan mata kuliah otomasi industri.

Baca juga : Banyak Benefit, Perum Jasa Tirta 1 Ajak Mahasiswa Magang

Selain itu penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan konsep Green Port, dengan kapasitas 22 kWp ini dimanfaatkan untuk operasional Pelabuhan Petrokimia Gresik. Hal tersebut selaras dengan pengembangan energi baru terbarukan (EBT) di ITN Malang. Dimana kampus teknik ITN Malang juga telah memanfaatkan PLTS di kampus 2.

 

Mahasiswa Teknik Elektro S-1, ITN Malang memperhatikan dengan seksama saat berkunjung ke PT Petrokimia Gresik. (Foto: Istimewa)

“Sesuai dengan mata kuliah yang kami pelajari. Kami mendapatkan relasi yang kompeten, dan faham tentang sistem kelistrikan industri. Ini membuka wawasan kami secara langsung mengenai pengaplikasian mata kuliah di dunia industri,” imbuh mahasiswa asal Maumere, NTT ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Aqshal Jadhuk Prasetyo. Menurut Aqshal kunjungan industri sangat diperlukan bagi mahasiswa teknik elektro. “Mahasiswa bisa mendapat tambahan ilmu dan wawasan di bidang kelistrikan industri. Serta mendapatkan relasi, dan informasi kesempatan magang di PT Petrokimia Gresik,” kata mahasiswa semester 6 ini.

Manfaat SE dirasakan juga oleh Anggi Putri Faradifa. Mahasiswa semester 4 ini mengatakan, dengan mengikuti SE mahasiswa bisa mengetahui secara langsung fasilitas, dan aktivitas pegawai di dalam perusahaan. Satu yang terpenting yaitu mahasiswa dapat membuktikan secara langsung ilmu yang didapat dari perkuliahan yang diaplikasikan di perusahaan.

Baca juga : Angkat Pentingnya K3 Industri, Teknik Lingkungan Datangkan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang

“Selain ilmu, relasi juga kami peroleh saat kegiatan tersebut. Semoga ditahun berikutnya HME ITN Malang bisa menambah destinasi perusahaan. Sehingga bisa mengeksplor lebih jauh dan lebih dalam,” tandas Anggi, yang juga berperan sebagai humas dalam kegiatan tersebut. (Mita Erminasari/Humas ITN Malang)

Copyright - PERKUMPULAN PENGELOLA PENDIDIKAN UMUM DAN TEKNOLOGI NASIONAL - ITN MALANG - Powered by - PUSTIK 2023