Assalamu’alaikum,
Shalom,
Om Swasitastu,
Namo Budaya, dan
Salam kebajikan.

Selamat datang di Kampus Teknologi, Institut Teknologi Nasional Malang. Sebagai institusi pendidikan tinggi yang menyelenggarakan sistem pendidikan akademik dan vokasi yang berbasis engineering, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang mengutamakan link and match antara pendidikan akademik, vokasi dan industri yang akan memberikan kompetensi atau keahlian berdasarkan keilmuan yang dimiliki, sehingga para lulusan bisa bersaing secara nasional maupun global. Metode dan konten pembelajaran selalu ter-update sesuai dengan perkembangan teknologi dengan memanfaatkan internet of things (IoT) dan mampu bersaing dalam revolusi industri 4.0. Setiap dosen diwajibkan untuk meningkat kemampuan dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Orientasi kegiatan ilmiah fokus pada Green and Sustainable Technology yang terdiri dari bidang: (1) Energi Baru dan Terbarukan; (2) Efisiensi Energi, dan (3) Carbon Footprint. Untuk mewujudkan rencana strategis penelitian tersebut, maka dibentuk 5 (lima) pusat kajian yang meliputi: (1) Pusat kajian Energi Baru Terbarukan; (2) Pusat Kajian Pemukiman Berwawasan Lingkungan; (3) Pusat Kajian Industri Berbasis Hijau dan Berkelanjutan; (4) Pusat Kajian Teknologi Informasi dan Komunikasi; (5) Pusat Kajian Green Industrial System.  

Sebagai pusat pengembangan teknologi, ITN Malang menyelenggarakan kegiatan ilmiah yang melibatkan seluruh sivitas akademika dengan dukungan fasilitas dan pembiayaan dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, dan alumni dalam bentuk hibah yang bersifat kompetitif. Semua kegiatan ilmiah diupayakan menghasilkan teknologi yang memiliki kesiap-teraan teknologi (technology readiness level) yang tinggi. Untuk mendukung hirilisasi tersebut, semua luaran diupayakan mendapat perlindungan hukum sehingga menjadi bagian dari aset yang bernilai tinggi. Salah satu perwujudan pengembangan sumber energi baru terbarukan, ITN Malang berkerjasama dengan PT. Wijaya Karya (Persero) dan PT. Surya Utama Nuansa (SUN Energy) membangun pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) kapasitas 0.5 MWp yang berlokasi di Kampus 2 ITN Malang yang merupakan pembangkit listrik tenaga surya terbesar dan satu-satunya untuk perguruan tinggi di pulau Jawa

Upaya peningkatan kompetensi lulusan agar mampu eksis dalam persaingan dalam era revolusi industri 4.0, dilakukan dengan pengembangan hard and soft competence. Hard competence dikembangkan dengan pembiasaan membangun konsep dan meningkatkan ketrampilan dalam mengakses dan menganalisa data yang integrative. Sedangkan soft competence dibangun dengan pembiasaan dalam berbagai kegiatan untuk membangun karakter: disiplin, jujur, inovatif, dan percaya diri.

Eksistensi ITN Malang sampai saat ini tidak perlu diragukan lagi karena telah ditunjukkan dengan rangkaian prestasi dalam berbagai bidang, baik level nasional maupun internasional. Dalam bidang Kemahasiswaan, ITN Malang berkali-kali menjuarai Kontes Robot Indonesia, Kontes Robot Cerdas Indonesia, Kontes Robot Seni Indonesia, Kontes Roket Air Indonesia, Kontes Muatan Roket Indonesia, Lomba Karya Inovasi Mahasiswa, Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa, Lomba Kuat Tekan Beton, Lomba Mobil Hemat Energi, Lomba Kapal Cepat Tak Berawak dan Program Kreativitas Mahasiswa. Prestasi dalam bidang olah raga dan seni juga telah dicapai ITN Malang dalam kejuaraan Taek Wondo, Karate, Ju Jitsu, Bulu tangkis. Dalam bidang seni, tim paduan suara ITN Malang berhasil berprestasi dalam berbagai lomba bergengsi.

Pengembangan tata kelola dilakukan dengan penguatan jaminan mutu dan sistem teknologi informasi.  Kinerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dan Sentra Kekayaan Intelektual (Sentra KI) semakin meningkat sehingga eksis di tingkat nasional.  Dalam pengelolaan LPPM dan Sentra KI, terjalin kolaborasi antara dosen senior dan yunior, serta mahasiswa dan alumni yang tersusun dalam kelompok-kelompok peneliti handal.

Atmosfir akademik dibangun dengan membangun kondisi yang mendorong terbentuknya kecerdasan kolektif, antar mahasiswa, maupun antara mahasiswa dengan dosen. Perpustakaan, ruang baca, vasilitas pendukung proses pembelajaran di dalam maupun di luar kelas telah dibangun, berbagai buku dari hasil kegiatan ilmiah dosen telah diterbitkan. Studio, laboratorium, bengkel tampil sebagai penyedia jasa yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dan juga mitra kerja.

Seluruh rangkaian prestasi tersebut mengantarkan ITN Malang mendapat kepercayaan masyarakat sehingga tidak pernah absen menerima penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta kategori institut terbaik di Jawa Timur dalam bentuk ANUGERAH KAMPUS UNGGUL (AKU) secara berturut-turut sejak tahun 2008, serta menerima ANUGERAH KAMPUS UNGGUL Kartika (AKU Kartika) dari pemerintah melalui Lembaga Layanan DIKTI (LLDIKTI) Wilayah VII. Pada tahun 2019, ITN Malang menempati Peringkat No. 1 Nasional kategori Institut Swasta se Indonesia dan Peringkat 4 Nasional kategori Institut se Indonesia, sedangkan pada tahun 2020 Institut Teknologi Nasional Malang masuk dalam 100 besar Perguruan Tinggi di Indonesia atas pemeringkatan yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

ITN Malang memiliki Program Sarjana Strata 1 (S-1) dengan Program Studi: Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Informatika, Teknik Sipil, Arsitektur, Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi), Teknik (GeoInformatika) Geodesi, dan Teknik Lingkungan. Program Magister (S-2) dengan Program Studi: Teknik Sipil-Manajemen Konstruksi, dan Teknik Industri–Manajemen Industri.  Program Diploma III dengan Program studi: Teknik Mesin Industri, Teknik Elektro Industri, dan Teknik Industri Manufaktur.

Pada tahun Akademik 2021/2022 Institut Teknologi Nasional Malang membuka program studi Bisnis Digital S1 berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nomor 65/E/KPT/2020 dengan peringkat akreditasi Baik. Prodi Binis digital ini akan mencetak alumni-alumni yang kompeten dalam bidang entrepreneur, e-commerce, e-content, e-business, start-up business.

Kurikulum disusun berdasarkan standar Kerangka Kompetensi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) No. 44 tahun 2015 serta Permendikbud No. 3 Tahun 2020. Dengan sistem evaluasi pembelajaran yang terstruktur berdasarkan model pembelajaran yang mengutamakan proses, mahasiswa dididik untuk disiplin dan terbiasa menghadapi permasalahan lapangan. Dengan sumber belajar yang kompeten dan memiliki pengalaman praktis yang sangat kuat, mahasiswa dapat lulus tepat waktu dan mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yaitu suatu program dimana para mahasiswa diperbolehkan mengambil matakuliah dengan jumlah sks tertentu dari program studi lain diluar program studinya dalam dalam Fakultas yang sama maupun Fakultas yang berbeda, serta program magang industri selama satu semester setara dengan 20 sks. Juga para mahasiswa dapat mengambil matakuliah dengan jumlah sks tertentu pada perguruan tinggi di luar Jawa dan manca negara (luar negeri) dengan penyataraan ekivalen sks sesuai ketentuan yang diberlakukan oleg program studi masing-masing. 

Tersedia berbagai beasiswa dengan skema dan sumber pendanaan yang ada di kampus ITN Malang, baik itu dari Kemenristekdikti (meliputi: Bidik Misi dan BBP-PPA, KIP), Mitra ITN Malang (meliputi: Bidik Misi, BRI, BNI46, dan CIMB Niaga), serta dari kampus ITN Malang sendiri. Dengan demikian, ITN Malang sangat sesuai sebagai wahana pendidikan tinggi bagi para generasi penerus bangsa dari semua kalangan dan asal daerah.  Dengan semangat yang tinggi dan atmosfer akademis yang kondusif, serta sistem dan sumber belajar yang memiliki kompetensi tinggi, maka dengan mottonya: “aku datang, aku belajar, aku berhasil”, mahasiswa dapat lulus tepat waktu dengan kualitas lulusan yang unggul.

Oleh karena itu, ITN Malang mengundang seluruh generasi penerus bangsa untuk bergabung sebagai mahasiswa atau mitra kerja. Salam Tangguh dan sukses selalu.

Wassalaamu’alaikum 
Shalom,
Om shanti, shanti om…

 

Prof. Dr. Eng. Ir. Abraham Lomi, MSEE., SMIEEE., MIET
Rektor Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
itn.ac.id - Powered by PUSTIK - NOC